Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Diskop Padang Jalinkan Kemitraan 76 Pelaku Usaha

    PadangDinas Koperasi dan UKM Padang berkomitmen untuk memacu pengembangan usaha kecil dan menengah. Usaha yang sudah ada tentu harus terus dimotivasi dan difasilitasi agar bisa bermitra dengan perusahaan besar.  

    "Dalam mempercepat pelaku usaha mengembangkan usahanya, pemko tentu harus giat membuka peluang pasar. Peluang yang establish itu umumnya dipunyai pengusaha besar. Kita jalinkan sinergitas antara kedua pihak," ujar Asisten III Setdako Padang Didi Ariyadi, usai membuka Temu Mitra di aula Disnakertrans Sumbar, Rabu (21/2).

    Didi mengatakan pemko tentu harus senantiasa memotivasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar pedagang besar mau bermitra dengan mereka. Usaha besar inilah yang menjadi etalase bagi UKM kita.

    Usaha besar tentu punya syarat tertentu yang diberlakukan bagi produk UKM. Mereka butuh kualitas, kontinuitas, standar dan kepastian harga. 

    Pelaku usaha diminta untuk menjaga kemitraan yang telah dijalinkan Pemko Padang lewat acara itu. Begitu Budiman, Aciak Mart dan Riri Swalayan yang dihadirkan dalam temu mitra itu menjadikan mereka mitra, jaga nilai maupun etika bermitra tersebut.

    Kepala Dinas Koperasi UKM Padang Yunisman menyatakan temu mitra itu diadakan beberala angkatan. Tiap angkatan 75 orang dari seluruh kecamatan di Padang.

    "Dinas memitrakan mereka dengan perusahaan besar agar lebih memacu pengembangan usaha mereka. Kita beri fasilitasi untuk itu karena Padang kita perkuat ekonominya dengan UKM maju, tangguh dan mandiri," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Padang, Yunisman.

    Yunisman menyebutkan kemitraan dengan pengusaha besar, pelaku UKM tentu mendapat wawasan tentang kiat membuat usahanya sukses. Pengusaha besar pun bisa membantu pemasaran usaha kecil.

    Jika berkembang, tentu mampu membuka lapangan kerja baru. Selanjutnya makin bersemangat berusaha dan mencari inovasi bagi kemajuan usahanya.

    Dalam temu usaha itu, ada success story dan kiat sukses mengembangkan usaha dari Rilly Swalayan, Budiman dan Citra Swalayan. Ditegaskan Yunisman, Padang khususnya dan Sumbar umumnya  sebagai destinasi wisata halal harus dimanfaatkan seluas-luasnya.

    Kabid Pemberdayaan UKM, Gusweni mengungkapkan temu usaha selama dua hari tersebut juga menghadirkan BUMN seperti Semen Padang. PT Telkom memotivasi penjualan online. Minang Mart pun tak mau ketinggalan dalam upaya mempertemukan 76 pelaku usaha itu. (8)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...