• Breaking News

    Kinerja KKSP Menggembirakan, SHU Capai Rp9,3 Miliar

    PADANG – Kinerja Koperasi Keluarga Besar Semen Padang (KKSP) pada 2017 sangat menggembirakan. Sisa Hasil Usaha (SHU) mencapai Rp 9,3 miliar. SHU ini meningkat 5,9 % dari tahun sebelumnya yang hanya Rp8,78 miliar.

    “Alhamdulillah selama 2017 KKSP berhasil melakukan berbagai pencapaian. Di antaranya investasi jangka panjang 2017 mencapai Rp76,3 miliar. Hal ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp 73,65 miliar. Sedangkan penjualan mencapai Rp150,34 miliar di 2016, dengan SHU sebesar Rp8,78 miliar.  Untuk harga pokok penjualan mencapai Rp190 miliar di 2017,” kata General Manager KKSP, Novrinaldi pada  Rapat Akhir Tahun (RAT) di Wisma Indarung, Selasa (27/2/2018).

    Novrinaldi menyebutkan, untuk 2018 ini KKSP memasang target Rp10 miliar. Untuk mencapainya KKSP akan mengembangkan lini usaha baru, yakni pemasaran split yang diproduksi  tambang PT Semen Padang.

    “Kita juga melihat peluang sebagai pengangkut fly ash dari beberapa titik di perusahaan, pembangkit tenaga listrik di PLN yang dibutuhkan oleh perusahaan,” jelasnya.

    KKSP saat ini, katanya memiliki delapan jenis usaha, yakni Toserba, Simpan Pinjam, Varia Usaha, Perdu Suplier, Perdu Bon Material, Kontraktor & Cleaning Service Indarung, Pabrik Kantong & CS Teluk Bayur, dan Semen Curah.

    Ketua Dewan Pengawas KKSP Ampri Satyawan mengatakan, pengelolaan KKSP di tahun buku 2017 cukup baik. Hal ini terlihat dari laporan audit tahunan yang disampaikan.

    “Hal itu hanya perlu dilakukan penajaman pengelolaan terutama dengan semakin meningkatnya aktivitas penjualan di perusahaan, sehingga pola-pola yang terkait penjualan juga harus dikawal dengan aturan penjualan yang tentunya juga ditingkatkan, misalnya dengan manajemen piutang,” ujarnya.

    Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Yunisman yang turut hadir dalam acara pembukaan mengatakan koperasi potensial dalam menunjang ekonomi kerakyatan dan kesehatan di Sumbar.

    Dikatakannya, KKSP merupakan salah satu koperasi berprestasi tingkat nasional. Salah satu prestasi tertinggi yang diraih KKSP adalah  koperasi terbaik tingkat nasional dari Kementerian Koperasi 2014.

    Dalam lima tahun terakhir, KKSP memperlihatkan kinerja yang sangat baik,  hal itu terlihat dari penjualan, Sisa Hasil Usaha (SHU), dan perkembangan asetnya. (noc)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2