Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Presiden Jokowi Canangkan Revitalisasi SRG

    Padang - Pada puncak peringatan Hari Pers Nasional 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani prasasti Revitalisasi Total Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Solok Selatan, di Padang, Jumat (9/2) lalu. Hal tersebut menandai dimulainya proyek besar pengembangan dan pengembalian fungsi adat dan budaya kawasan rumah gadang di kabupaten yang berjuluk Sarantau Sasurambi itu.

     “Nanti revitalisasi ini sekaligus merupakan prototipe untuk rumah gadang yang ada di Sumatera Barat, khususnya juga di seluruh pelosok tanah air,” kata Jokowi saat sambutan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Padang.


    Jokowi menargetkan penyelesaian revitalisasi kawasan tersebut pada akhir 2018. “Revitalisasi dan restorasi nagari SRG harus jadi dalam 1 tahun, Januari (2019) saya akan datang ke Solsel,” ujar Jokowi, seperti disampaikan Pegiat Pariwisata Sumbar, Nofrins Napilus.
    Revitalisasi kawasan SRG oleh Kementerian PUPR dimaksudkan untuk mengembalikan rumah gadang menjadi seperti bentuk semula, dan sekaligus memperkuat nuansa adat yang ada.
    Satu dari empat unit rumah gadang yang menjadi pilot project sudah selesai direvitalisasi oleh program tersebut.

    Berdasarkan data Balai Pelestarian Cagar Budaya, Kawasan SRG memiliki 125 rumah gadang, 40 di antaranya layak untuk masuk progranm revitalisasi.

    Pada pidato residen Jokowi itu, menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merevitalisasi kawasan tersebut yang merupakan kawasan ca gar budaya di Kabupaten Solsel.

    “Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci 1983 lalu, saya lewat ke Solok Selatan.
    Kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah. Sebagai bagian dari perawatan kekaguman tersebut, saya pada hari ini mencanang kan revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang di Solsel,” kata Presiden Jokowi.

    Usai memberikan sambutan, Presiden menandatangani prasasti didampingi Menkominfo Rudiantara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Irwan Prayitno dan Bupati Solsel Muzni Zakaria.
    Bupati atas nama masyarakat Solok Selatan mengucap kan terima kasih pada Presiden Jokowi yang telah mencanang kan revitalisasi tersebut. (fad)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728