• Breaking News

    Dosen UNP Respon Pembelajaran Online




    PADANG (Sumbarkini)- Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri, PhD., terus mendorong para dosen selingkungan UNP menjalankan model universitas siber. Salah satunya dengan mengenalkan pemograman komputer dan manajemen data, serta pembelajaran yang lebih inovatif melalui penyesuaian pembelajaran dalam jaringan.

    "Para dosen UNP mesti siap menjalankan model universitas siber yakni pembelajaran daring atau "online", demi menghasilkan lulusan UNP yang kompetitif dan terampil,” ujar Ganefri, dalam sambutannya sebelum membuka Kuliah Umum bersama Staf Ahli Bidang Akademik Kemenristekdikti RI, Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Kes., di Auditorium UNP, Jumat (20/4) kemarin.

    Dalam kesempatan itu, Rektor UNP menyebut Kemenristekdikti RI berupaya mendorong pembelajaran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih inovatif. “Apalagi kemampuan mahasiswa dalam hal data Information Technologi (IT), Operational Technologi (OT), Internet of Thing (IoT) dan Big Data Analitic terus semakin membaik sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini,” lanjutnya.

    Pada saat itu, pemateri Prof Paulina Pannen didampingi Wakil Rektor I, Prof Yunia Wardi memberikan kuliah umum "Pembelajaran Daring", yang dihadiri seribu dosen dari delapan fakultas selingkungan UNP.

    Paulina mengatakan bahwa layanan pendidikan dituntut untuk terus berinovasi seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi terkini. Menurutnya hanya berbekal gadget, generasi millennials bisa belajar di mana saja tanpa memerlukan tatap muka.

    Ia pun menyebutkan, ketidakinginan tertinggal jauh dengan generasi muda zaman now, Kemenristekdikti telah melakukan terobosan pendidikan perguruan tinggi, melalui Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (Spada).

    "Kelak di masa depan perkuliahan tidak memerlukan kelas sebagai tempat transfer ilmu pengetahuan. Kuliah ke luar negeri pun bisa dilakukan melalui sistem daring (online) ini,” pungkasnya. (rls/why)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2