Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Lahirkan Generasi Berkah dari Nagari Kotogadang

    Kotogadang (sumbarkini.com) - Anak-anak dan remaja Kotogadang dimotivasi untuk menjadi
    generasi yang takut dengan Allah, cinta nabinya, dekat dengan Alquran dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Merekalah generasi berkah yang diharapkan bisa memajukan daerah dan negaranya.

    Hal ini menjadi harapan pemuka Kecamatan IV Koto, pemuka nagari dan tokoh masyarakat Kotogadang yang ikut pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Masjid Nurul Iman Tapi Kotogadang, Minggu 29 April 2018.

    "Kita harus berusaha menjadikan anak-anak Kotogadang yang menuntut ilmu agama hingga ke Timur Tengah sana. Mari manfaatkan program pemerintah ini dengan sebaik-baiknya," ujar Ketua KAN Kotogadang, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa.

    Leonardy menghimbau anak-anak muda Kotogadang dekat dengan Alquran, menghafal, memahami dan berupaya untuk mengamalkannya. Diantara syarat-syarat bisa ke Timur Tengah adalah hafal Qur'an hingga 30 juz.

    Makanya Leonardy memandang perlu diperbanyak lomba baca (tilawah), hafal (tahfiz), menjabarkan makna (syarhil) dan lomba lainnya. Bukan hanya mengandalkan lomba MTQ yang diadakan oleh kecamatan.

    "Nagari kita hendaknya berupaya mengadakan lomba setiap hari besar Islam. Minimal 3 kali setahun. Dengan cara ini makin banyak dan mudah memilih wakil ke lomba yang lebih tinggi. Semoga banyak lahir generasi berkah dari daerah ini," ujarnya di hadapan peserta MTQ tingkat nagari itu.

    Ketua LPTQ IV Koto, Muhammad Salim Akbar Tuanku Machudum menyebutkan lomba MTQ ini merupakan rangkaian lomba di tingkat Kecamatan IV Koto. Perlombaan itu dilaksanakan jelang puasa di tingkat di Nagari Guguak Tabek Sarojo.

    Meski untuk tingkat Koto Gadang,  demi meningkatkan mutu lomba, LPTQ mendatangkan juri dari  Bukittinggi. "Ini demi mendapatkan bibit qari dan qariah dan lomba lainnya dari daerah kita yang mampu berprestasi untuk MTQ tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga dunia," harapnya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...