• Breaking News

    Baznas Salurkan Zakat Kepada 1.076 Pegawai Honorer

    Wabup H. Abdul Rahman sebelum menyalurkan zakat baznas pada THL Pemkab.Solsel

    Padang Aro (sumbarkini.com) -  Baznas Kabupaten Solok Selatan, menyalurkan zakat kepada 1.076 orang pegawai sukarela dan Tenaga Harian Lepas (THL) atau honorer baik di OPD maupun guru sebelum memasuki hari raya Idul Fitri yang tinggal hitungan hari lagi.

    "Zakat yang disalurkan kepada tenaga honorer sebelum hari raya Idul Fitri sebanyak Rp 269 juta, dimana setiap orang mendapat Rp 250 ribu", kata Ketua Baznas Solsel Bakri Bakar, sebelum prosesi penyerahan zakat secara resmi oleh Wakil Bupati H. Abdul Rahman di kantor Baznas Solsel, Selasa (5/6).

    Dia mengatakan, untuk tenaga honorer dan sukarela yang menerima zakat ini dilakukan proses seleksi oleh Baznas supaya lebih tepat sasaran.Pegawai honorer dan sukarela yang mengajukan permohonan ke Baznas sebanyak 1.315 orang tetapi ada kriteria yang tidak terpenuhi seperti belum menikah, sama-sama THL  sehingga dipilih salah satu atau pasangannya ASN dan formulir yang tidak terisi lengkap.

    Penyaluran zakat bagi pegawai honorer ini katanya, yang dekat dengan kantor Baznas diharapkan datang langsung dan yang jauh diantarkan kelokasi. Ia menambahkan, hingga Mei 2018 pihaknya sudah mengumpulkan zakat sebanyak Rp1,07 miliar yang sebagian besar dari Aparatur Sipil Negara.

    "Perorangan yang menyerahkan zakatnya melalui Baznas masih relatif kecil yaitu Rp. 30,4 juta," katanya.

    Sementara itu Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, mengatakan, masih banyak ASN yang belum paham manfaat zakat sehingga belum semua OPD yang zakatnya terkumpul 100 persen. Menurut dia, Sebagai umat muslim memberikan zakat merupakan sebuah kewajiban bukannya kedermawanan.

    "Zakat tidak ada hubungannya dengan kedarmawanan karena itu kewajiban sebab dalam harta yang ia miliki ada hak orang lain," ujarnya.

    Dia mengatakan, dengan kondisi ekonomi masyarakat saat ini kehadiran Baznas sangat membantu sebab penyalurannya langsung menyentuh kesasarannya.

    "Perekonomian masyarakat Solok Selatan saat ini cukup berat sebab sebagian besar warga setempat merupakan pekerja musiman," katanya.

    Meski demikian Wabup. Abdul Rahman sangat berharap pada semua masyarakat Solsel untuk dapat menghadapi lebaran dengan sabar dan penuh kesederhanaan, namun penuh makna dan kebahagiaan.
    Dipenghujung kegiatan penyaluran zakat, Ketua Baznas, Bakri Bakar menginformasikan bahwa untuk penerimaan zakat fitrah pada tahun ini masih di fokus pada masing-masing masjid dan mushallah yang ada di Solsel, dan diharapkan untuk disalurkan sesegera mungkin  pada masyarakat sekitarnya. (afriyoriza)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2