• Breaking News

    Solok Selatan Dapat Jatah 3.200 Persil Prona


    Kepala BPN Solok Selatan. (sumbarkini.com)

    Padang Aro (sumbarkini.com) - Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Solok Selatan, diberikan target untuk memetakan 3.200 bidang tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) pada 2018.

    "Dari kuota 3.200 pemetaan tanah melalui program PTSL tahun ini,  tercatat sebanyak 1.200 untuk sampai    sertifikat  dan  2.000 lagi hanya sampai pengukuran," kata Kepala ATR/BPN Solok Selatan Marjohan, di Padang Aro, Senin (4/6)

    Adapun  Lokasi sertifikat PTSL tahun ini antara lain di Sapan Sari Nagari Alam Pauah Duo sebanyak 600 sertifikat. Selanjutnya di Nagari Pakan Rabaa Tangah juga 600 sampai sertifikat dan 2.000 bidang lagi hanya sampai pemetaan.

    "Kami sudah mengerjakannnya bahkan untuk sekiyar Sapan Sari hampir selesai," ujarnya.
    Tahun lalu Solok Selatan mendapat jatah 1.100 persil PTSL yang semua di peruntukkan di Lubuak Gadang Timur Kecamatan Sangir dan sudah diserahkan kepada masyarakat.

    Dia menambahkan, keinginan BPN agar semua bidang tanah di Solok Selatan sudah dipetakan sehingga bisa meminimalkan konflik seperti batas tanah.

    Saat ini kendala dilapangan masyarakat masih enggan melakukan pengukuran apalagi tanah yang masih belum dibagi atau dikuasai dua orang atau lebih.

    Selain itu juga masih banyak masyarakat yang menganggap pemetaan sudah langsung sertifikat padahal hanya sampai pengukuran. Untuk sertifikat tanah katanya, yang mahal itu adalah bagian pengukuran yaitu dengan biaya Rp100 permeter ditambah Rp100 ribu untuk tanah pertanian dan Rp200 permeter tambah Rp100 ribu tanah non pertanian.

    Selanjutnya untuk pemeriksaan dimana untuk tanah pertanian biayanya bisa dihitung sendiri yaitu luas tanah dikali Rp20 rupiah tambah 350 Non pertanian luas tanah kali Rp40 tambah Rp350 ribu.

    "Kita berupaya membenahi segala sistem yang dianggap belum tepat sesuai aturan," tukuk Marjohan. (afriyoriza)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2