• Breaking News

    Masyarakat Tiku Harapkan Leonardy Perjuangkan Pelabuhan Nelayan

    Tiku - Walinagari, Bamus dan KAN di Kecamatan Tanjung Mutiara harapkan perbaikan pelabuhan. Kini nelayan Tiku sengsara akibat tidak adanya pelabuhan untuk bersandar kapal mereka.

    Seringkali kapal nelayan karam bahkan rusak saat badai mengamuk. Mereka berharap Anggota DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa dapat memperjuangkan hadirnya pelabuhan yang representatif di Tiku.

    “Pelabuhan ini cukup dibutuhkan para nelayan di Tiku. Kita akan bawa aspirasi ini ke Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar. Kita ingin tahu sejauhmana kemungkinan pelabuhan bisa dinikmati nelayan di Tanjung Mutiara dan sekitarnya,” ujar Leonardy saat temu ramah di aula kantor camat setempat.

    Leonardy prihatin dengan nasib nelayan yang disampaikan para walinagari dan Bamus. Kapal nelayan yang beberapa waktu lalu mencapai dua ratusan, kini berkurang drastis, lebih kurang 20-an.
    Ini harus segera mendapat perhatian. Jika tidak tentu kapal nelayan di Tiku tinggal kenangan. Ekonomi mereka terganggu.

    Sebagai bentuk keprihatinan mendalam, Leonardy menelpon Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar karena kewenangan sudah beralih ke provinsi. Leonardy dan Kadis itu terlibat pembicaraan serius seputar bisa atau tidaknya DED yang pernah dibuat Pemkab Agam ditindaklanjuti.

    Dari diskusi singkat mereka, diputuskan untuk menjadwalkan pertemuan untuk membahas kemungkinan dibuatnya pelabuhan di Tiku. Sedapat mungkin diusulkan pada 2019 karena pada tahun ini pembangunan pelabuhan diarahkan ke Sasak (Pasaman Barat) dan Kambang (Pesisir Selatan).

    Kepada Anggota Komite IV DPD  itu, walinagari dan bamus juga berharap kelanjutan normalisasi Batang Tiku yang telah mereka rasakan manfaatnya. Mereka tahu, Leonardy yang pernah memperjuangkan normalisasi Muara Batang Tiku saat menjadi pimpinan DPRD Sumbar.

    Bukan hanya itu, batu grip buat mengatasi abrasi Pantai Tiku juga mereka ungkapkan kepada Leonardy. Leonardy akan mendorong dan mengawal aspirasi masyarakat Tanjung Mutiara setelah walinagari membuat usulan yang ditujukan ke Balai Wilayah Sungai Sumatera V.
    “Beritahu saya setelah usulan dimasukkan,” tegas Leonardy. (z01)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...