• Breaking News

    UBH Giatkan Penterjemahan Buku Cerita Anak-Anak ke Bahasa Minang

    Padang (Sumbarkini.com) - Jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Workshop Menterjemah buku cerita anak-anak, di Aula Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Kamis 19 April 2018.Kegiatan bertajuk Getting Into Childern’s Worlds and Wordsini dibuka Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Dra. Irma, M.Hum.

    Dra. Irma, M.Hum menyambut baik pelatihan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan kompetensi lulusan. Salah satunya learning outcomes dari jurusan yakni untuk menjadi penterjemah, baik lisan maupun tulisan. Hal ini dapat menjadi nilai lebih ketika tamat dengan adanya sertifikat kompetensi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

    “Tentunya mahasiswa dan dosen yang mengikuti kegiatan ini dapat langsung praktik dan dari hasil workshop ini juga akan melahirkan produk hasil menterjemahkan yang nantinya akan dipublikasikan,” sebutnya.

    Ketua Jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta Diana Chitra Hasan, M.Hum, M.Ed, Ph.D menyampaikan kegiatan ini diikuti 60 peserta. Pelatihan berlangsung dua hari dari 19-20 April 2018. 

    Diungkapkannya, peserta yang berasal dari mahasiswa terlebih dahulu diseleksi Yayasan Litara. Peserta workshop akan menterjemahkan buku anak-anak dari bahasa Inggris ke bahasa Minangkabau. 

    "Ini sebagai bentuk upaya kita dalam rangka kebertahanan bahasa daerah dan menduniakan bahasa Minangkabau," ujarnya.

    Ketua Yayasan Litera, Sofie Dewayani, Ph.D menjelaskan lembaga yang dipimpinnya merupakan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang literasi yang mendukung dan mengadakan kegiatan-kegiatan terkait peningkatan literasi dengan cara melatih penulis, ilustrator, mahasiswa, dosen dan lainnya, serta mendukung ketersediaan buku berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

    “Saat ini Yayasan Litera sudah menerbitkan 29 judul buku cerita anak-anak yang mengangkat kisah-kisah yang ada di Nusantara. Kegiatan MoU dan pelatihan ini sebagai bentuk gerakan literasi untuk berkontribusi dalam peningkatan kemampun dan pengalaman mahasiswa hingga produknya membantu dalam meningkatkan literasi bagi anak-anak,” ungkapnya.

    Pada kesempatan itu berlangsung pula penandatanganan MoU antara Jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta dengan Yayasan Litera dan The Asia Foundation untuk menjalin kerja sama dalam dunia literasi sebagai upaya pelaksanaan dan pengembanan pendidikan generasi muda, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas mahasiswa di Jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta serta masyarakat Minangkabau secara keseluruhan. (lis)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...