• Breaking News

    TP PKK Sijunjung Studi Tiru Pengolahan Sampah

    Sijunjung (sumbarkini.com) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan
    Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sijunjung, Ny.Hj. En Yuswir Arifin beserta anggota adakan Kunjungan Studi Tiru tentang pengolahan sampah rumah tangga dan Bank Sampah, ke Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota Kepulauan Riau, pada Kamis 19 Juli 2018.

    Kunjungan Studi Tiru ini juga diikuti oleh Ketua Bhayangkari Sijunjung, dr. Hj. Yolla Giovanna Imran, Ketua Adhiyaksa Dharma Karini Sijunjung, Ketua Dharma Yukti Karini, Ketua GOW, Ny.Ria Arrival Boy dan Ketua Dharmawanita Kabupaten Sijunjung, Ny.Wit Zefnihan.

    Kedatangan rombongan TP PKK Kabupaten Sijunjung di Kota Batam ini langsung disambut oleh Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam, Erlita Sari  Amsakar serta Lurah Belian  dan pengurus TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kelurahan Belian serta juga di sambut oleh Ikatan Keluarga Sawahlunto Sijunjung (IKSS) Kota Batam.

    Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny, En Yuswir di kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Batam dan juga Ketua TP PKK Kota Batam, " Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kota Batam  yang telah menerima dan memfasilitasi kegiatan studi tiru yang kami adakan ini", ucapnya.

    Tujuan diadakannya studi tiru ke Kota Batam ini, selain ingin bersilaturahmi, tapi juga ingin belajar lagi kepada Kota Batam, bagai mana cara pengolahan sampah di kota ini, serta bagaimana cara penggunaan barang bekas bisa berhasil dan berdaya guna, katanya.

    Serta tujuan lainnya disamping PKK merupakan mitra kerja dari pemerintah dalam mendukung program progam kegiatan pemerintah, dimana program yg ada di masing masing OPD, dapat disinkronkan dalam 10 pokok program PKK tersebut.

    Seperti diketahui, Kader PKK adalah sebagai ujung tombak dilapangan, dimana PKK sudah di atur melalui peraturan presiden No 99 Tahun 2017, tentang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

    Sinkronisasi dari masing masing pokja, mulai dari pokja I sampai pokja IV untuk mengimplementasikan dari 10 pokok program PKK, untuk itu, kami ingin meniru seperti di Kelurahan Batam Kota ini yang telah mempunyai 20 kelompok Bank Sampah, sehingga dengan demikian masyarakat/keluarga yang ada di Kelurahan Belian ini dapat memberikan nilai tambahan kepada masing masing keluarga melalui daur ulang sampah tersebut.

    Dengan kunjungan tiru ini, semoga silaturahmi antara Kabupaten Sijunjung dan Kota Batam akan terjalin dengan baik serta apa yang kami dapatkan disini mudah mudahan bisa kami tiru di Sijunjung nantinya, tambah  Ny. En Yuswir.

    Dikesempatan itu juga, Ny En Yuswir Arifin juga memaparkan serta memberikan informasi tentang Kabupaten Sijunjung baik tentang pelaksanaan TP PKK di Sijunjung serta tentang topografi dan demografi Kabupaten Sijunjung, serta adanya Geopark Silokek, Kerajinan Tenun Unggan dan lain sebagainya.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung, Drs.Syukri, MM yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Nasrul ,S.Pd juga menyampaikan bahwa tujuan dari studi tiru ini agar bagaimana kader kader PKK di Kabupaten Sijunjung mampu melakukan pengolahan sampah yang sebelumnya tidak berharga menjadi barang berharga.

    Melalui studi tiru ini TP PKK Kabupaten Sijunjung dapat mengimplementasikan hasil yang didapat dari studi ini, sehingga dalam pelaksanaan dilapangan nantinya Kader PKK mampu memberikan informasi kepada kader kader PKK baik di Kecamatan maupun Nagari dalam pengelolaan sampah nantinya, ungkap Nasrul. (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...