• Breaking News

    Banyak Capaian FTUA di Usia ke-33, Apa Saja?

    Padang (sumbarkini.com) - Fakultas Teknik Universitas Andalas (FTUA) sampai saat ini telah menghasilkan jumlah lulusan yang terdiri dari; (1) Teknik Mesin (S1 1.987 orang dan Magister 33 orang), (2) Teknik Sipil (S1 2.588 orang dan Magister 128 orang), (3) Teknik Industri (S1 1.118 orang dan Magister 40 orang), (4) Teknik Lingkungan (S1 607 orang) dan (5) Teknik Elektro (S1 1.314 dan Magister 48 orang).
    "Untuk meningkatkan daya saing lulusan, saat ini semua program studi sedang menyiapkan akreditasi internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) Indonesian Accreditation Board For Engineering Education (IABEE)," ungkap Dekan Fakultas Teknik Unand, Insannul Kamil usai pertemuan dengan orangtua mahasiswa baru periode 2018/2019, Sabtu 1 September 2018.
    Insannul menyatakan dalam kurun waktu 2017-2020, terang dia, ditargetkan semua program studi di lingkungan Fakultas Teknik telah diakreditasi ABET. Hal ini akan memberikan dampak terhadap daya saing dan kesempatan lulusan Fakultas Teknik dalam persaingan global.

    "Keberhasilan pencapaian akreditasi Internasional akan sangat ditentukan oleh komitmen bersama, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pimpinan Fakultas dan Universitas," ujar Insannul Kamil disambut tepuk tangan gemuruh undangan yang hadir di convention hall Unand.
    Selain itu untuk mendorong penguatan inovasi, hilirisasi dan komersialisasi hasil riset. Pada saat ini dosen Fakultas Teknik telah memiliki 65 kekayaan intelektual, terdiri atas 22 Paten (2 telah granted), 2 Desain Industri dan 41 Hak Cipta.
    Dia mengungkapkan, karya ilmiah yang membanggakan pada Dies Natalis ke-33, di Tahun 2017, terdaftar 11 kekayaan Intelektual, 1 paten sederhana, 3 hak cipta program komputer dan 37 hak cipta buku. Terjadi lompatan lebih seratus persen dari pencapaian 2016.
    Insannul membanggakan, saat ini Fakultas Teknik Universitas Andalas telah memiliki delapan orang guru besar, sebuah peningkatan hampir 100 persen dalam 3 tahun terakhir. "Dengan jumlah dosen berpendidikan doktor terbanyak di Universitas Andalas, jumlah guru besar di Fakultas Teknik Universitas Andalas harus selalu meningkat signifikan di masa yang akan datang," terangnya.
    "Peningkatan jumlah Guru Besar di Teknik Unand, tentunya akan memberikan dampak langsung terhadap pencapaian dan prestasi Universitas Andalas pada masa yang akan datang," ujar pria yang akrab dipanggil Nanuk. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...