• Breaking News

    Wirid Meriahkan Maulid di Baitul Jannah Ketaping

    Talao.Mundam - Ada yang beda saat Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt.
    Bandaro Basa, S.IP., MH ikut memperingati Maulid Nabi di Mushalla Baitul Jannah, Korong Talao Mundam Kenagarian Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Sebelum orang siak/alim naik, dilakukan dulu pengajian yang diikuti warga setempat dan para undangan.

    "Pengajian sebelum orang siak baik ini bagus untuk dipertahankan. Jika bisa pada seluruh korong atau nagari di Padang Pariaman melakukan hal serupa. Begitu pula saat menunggu basantok di hari kedua," ujar Leonardy.

    Leonardy menilai, kiat panitia di Baitul Jannah Talao Mundam ini baik untuk ditiru. Pengajian tersebut sangat baik dilaksanakan untuk menambah wawasan jamaah terhadap kenapa harus melaksanakan maulid dan apa saja yang hendaknya dilakukan untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

    Pengajian lebih baik dibanding menunggu orang siak naik hanya sambil duduk atau berkumpul dekat jamba yang dibawa atau mengobrol.

    Menurut penilaian Leonardy syarafal anam yang dilagukan oleh orang siak secara bergantian tidak semua dipahami oleh mereka yang hadir. Terutama di kalangan generasi muda saat ini yang dikenal dengan generasi milenial.

    "Sebenarnya, pada syarafal anam itu diceritakan kemuliaan-kemuliaan dalam kehidupan nabi, mulai dikandung ibunya, lahir, disusukan, hingga wafatnya. Biasanya semakin pagi, bacaannya semakin syahdu karena yang membaca mengerti keagungan yang diungkapkan dalam kitab syarafal anam itu," ungkap pimpinan DPRD Sumbar 2004-2014 yang selalu berupaya menyempatkan hadir pada undamgan maulid nabi di Padang Pariaman ini.

    Pengajian sebelum orang siak diperlukan untuk mengungkap keagungan Nabi Muhammad SAW ini. Menceritakan kitab Syarafal Anam kepada  generasi muda dalam bahasa yang mereka mengerti. Dengan cara ini mereka bisa mencintai bahkan memulyakan nabi. "Waktunya ya jelang orang siak naik atau jelang basantok siang esoknya. Saat orang ramai, sebaiknya diisi dengan pengajian maulid seperti di Talao Mundam," ungkapnya.

    Dia pun mengajak semua yang hadir Maulud Nabi Muhammad SAW bisa mengulang-ulang wirid yang kita terima dari para guru kita, mengerti pula isi Kitab Syarafal Anam. Perkuat silaturahim diantara anak dan orangtua, mamak dan kemenakan, ipar besan, mamak rumah rang sumando, andan sumandan, orang kampung dan perantauan di momen ini.

    Memperkuat silaturahim sangat penting jelang pesta politik pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD kabupaten/kota periode 2019-2024. Jangan sampai perbedaan pendapat akibat beda pilihan tentu mengoyak-ngoyak kebersamaan dan kekeluargaan kita.

    Sekaitan banyaknya calon anggota legislatif yang hadir di acara tersebut, Leonardy memberikan pendidikan politik dengan cara mengingatkan agar warga Ketaping mengedepankan kekeluargaan diantara mereka. Silakan dukung calon yang dianggap bisa dan mau memperjuangkan aspirasi anak.nagari Ketaping. Selain itu mereka juga mau mengupayakan kegiatan dan program pembangunan di nagari itu. "Pilih yang dikenal amanah dan mau memperjuangkan.aspirasi. Bulatkan suara untuk dia agar Ketaping punya banyak wakil di legislatif," pungkasnya.  (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2