• Breaking News

    Pemkab Sijunjung Kembali Akan Meraih Tiga Rekor MURI pada Tiga Kegiatan Dalam Festival Lensek Manih II tahun 2019.


    Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 70 Tahun 2019, Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Dikbud dan Dinas Parpora kembali akan meraih 3 (tiga) rekor MURI pada Tiga kegiatan dalam Festifal Lansek Manih II yang akan digelar tanggal 12 Februari mendatang.

    Ke-tiga rekor tersebut adalah, pertama penampilan 1000 kreasi anak PAUD yang dilaksanakan dalam bentuk karnaval dan diikuti oleh 5000 anak PAUD berpakaian unik sesuai kreatifitas anak bersama tenaga Pendidik di Masing masing lembaga. Selain berpakaian unik, Anak Paud nantinya juga mempromosikan kerupuk Ubi ( kerupuk gambok) yang bernutrisi ikan dan difasilitasi  oleh Dinas Pangan dan perikanan.

    Yang kedua yaitu pergelaran Tari Piring dengan penari terbanyak 3,000 orang penari yang diiringi talempong pacik utusan dari masing masing Jorong, Organisasi Perangkat Daerah (OPD)dan sekolah. Ketiga adalah Lomba menyajikan lamang ubi oleh jorong terbanyak. Pada kegiatan ini masing masing utusan menyajikan beraneka macam sajian lamang ubi dengan bentuk dan rasa yang berbeda (Original, Strobery, Nanas, Keju, Durian Sayuran,dll). Setelah acara, semua makanan ini akan dibagi bagikan secara gratis kepada seluruh pengunjung pada hari festival tersebut.

    "Ketiga rekor tersebut nantinya akan dilaksanakan pada Selasa, 12 Februari 2019, dimulai dari lapangan sepakbola Prof. M.Yamin, SH Muaro Sijunjung sampai di depan Gor Sibinuang Sakti Muaro,"kata Kepala Dinas Dikbud, Ramler, SH. MM yang disampaikan oleh Kepala Bidang PAUD dan PNF, Syamsul Bahri,S.Pd.MM melalui pesan WhatsAap nya, Selasa 5 Februari 2019.

    Dijelaskannya bahwa kegiatan ini dilaksanakan adalah dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia ( SDM) sejak Usia Dini, mengembangkan dan membudayakan tradisi dan produak lokal, serta sejalan dengan upaya untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Sijunjung yang baru saja ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional, sekaligus mendorong keterlibatan seluruh masyarakat dalam peringatan, Hari Jadi Kabupaten Sijunjung tahun 2019 ini, ujarnya.

    Pencapaian rekor Muri bagi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, sudah memasuki tahun ke empat, dimana sebelumnya secara berturut turut telah sukses dalam kegiatan Cipta Lagu PAUD terbanyak oleh Pendidik PAUD, Pembuatan APE bahan dasar limbah dan tahun 2018 lalu melukis terpanjang oleh Anak Usia Dini yang bersamaan dengan kegiatan Prosesi Budaya menumbuk padi secara tradisional menggunakan lesung dan alu terbanyak yang juga sukses meraih rekor Muri.

    Pencapaian Rekor Muri tahun ini menurutnya optimis untuk diraih, sebab kegiatan ini masuk kedalam rangkaian kegiatan agenda kabupaten dan secara teknis ditangani oleh 3 (Tiga ) OPD yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga dan Dinas Pangan dan Perikanan yang juga langsung dikoordinir Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir Arifin.

    Sampai saat ini berbagai persiapan telah dilakukan , baik oleh pendidik di lembaga PAUD, maupun oleh masyarakat di masing masing jorong dan tidak ketinggalan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) sehingga nuansa Hari Jadi betul betul dirasakan sampai ke tingkat masyarakat nanti, harap Syamsul Bahri. (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2