• Breaking News

    Meriahkan Idul Fitri, Dua Desa di Mukomuko Gelar Lomba Panjat Pinang

    MUKOMUKO (sumbarkini.com) - Masyarakat di Desa Sungai Rengas dan Desa
    Sungai Lintang, Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar Lomba Panjat Pinang untuk memeriahkan Ramadan 1440 H Tahun 2019.

    Lomba Panjat Pinang Tingkat Anak-anak dan Tingkat Dewasa ini, disaksikan dengan sangat antusias oleh masyarakat kedua desa ini. Mulai dari anak-anak bahkan dewasa, terutama kaum ibu-ibu sebagai hiburan dari siang hingga sore hari.

    "Panjat Pinang ini sebagai hiburan masyarakat dalam momentum lebaran," kata Ketua Panitia Lomba Panjat Pinang, Maria Charmilo di lokasi acara, Rabu sore (5/6/2019).

    Ia mengatakan, bahwa Lomba Panjat Pinang ini selain untuk hiburan, juga sebagai ajang silaturahmi antar pemuda kedua desa. Apalagi masih dalam momentum suasana Lebaran, yang sangat tepat menjalin hubungan baik antarsesama.

    "Kegiatan lomba ini diinisiasi kedua ketua pemuda dari dua belah pihak. Dananya, selain dari dana pemuda, juga dibantu kepala desa dua desa," ungkap Maria yang juga Ketua Pemuda Sungai Lintang ini.

    Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Ketua Pemuda Desa Sungai Rengas, Ali Dika Saputra, bahwa Lomba Panjat Pinang ini untuk menghindari masyarakat, terutama remaja berlaku negatif atau ugal-ugalan di jalanan.


    "Dari pada anak-anak, terutama remaja kebut-kebutan di jalan, dan terjadi kecelakaan, lebih baik kita beri mereka hiburan tradisional," jelas Ali saat ditemui.


    Dalam penjelasannya, kegiatan ini diadakan hampir setiap tahunnya dalam momentum Lebaran. Selain Lomba Panjat Pinang, juga akan diadakan Sepak Bola Tingkat Kadus untuk kedua desa. Semua kegiatan tersebut hanya untuk memeriahkan suasana Idul Fitri.


    "Panjat Pinang ini kalau di daerah lain biasanya acara Hari Kemerdekaan, tapi setiap momentum Lebaran Idul Fitri,' pungkasnya.


    Dalam Lomba Panjat Pinang ini, panitia bahkan menyediakan beragam hadiah, mulai dari pakaian lebaran, pakaian sekolah, alat tulis, bermacam peralatan mandi, hingga ada uang tunai ratusan rupiah. Semua hadiah ini untuk memikat peminat peserta lomba.


    Adapun pemenang Lomba Panjat Pinang Tingkat Anak-anak, juara pertana diraih oleh Kevin, dan juara kedua atas nama Debi. Sementara Tingkat Dewasa, juara pertama diraih Grup Sok Pintar, kedua oleh Grup Kalamayie, dan juara ketiga Grup Kuping Beda. (wahyu)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2