• Breaking News

    PijarIlmu, Program Astra Merevitalisasi PAUD Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

    Padang (sumbarkini.com) - Dalam rangka menyambut ulang tahun perusahaan yang ke 63, Asuransi Astra melanjutkan kampanye sosial #PijarIlmu 2019 dengan melakukan revitalisasi terhadap beberapa sekolah Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-kanak (PAUD/TK). Di Kota Padang, Asuransi Astra meresmikan revitalisasi PAUD Pelangi Nusa.

    Branch Head Asuransi Astra Padang, Iyus Suryaman menyebutkan Asuransi Astra Cabang Padang memilih PAUD Pelangi Nusa tersebut untuk diadakan dan dilakukan program revitalisasi #PijarIlmu pada tahun 2019 ini, dengan sasaran revitalisasi perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana, serta taman bermain sekolah tersebut, yang bertujuan agar nantinya para murid dan guru lebih nyaman dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah tersebut.

    Menurutnya, PAUD yang berlokasi di pinggir kota namun masuk ke dalam gang yang cukup sempit ini menerima anak umum dan anak berkebutuhan khusus (ABK). Terpilihnya PAUD Pelangi Nusa Hati sebagai target sasaran program CSR #PijarIlmu Asuransi Astra karena melihat kondisi PAUD yang cukup memperihatinkan ketika tim Asuransi Astra melakukan kunjungan awal sebelum direvitalisasi.

    PAUD Pelangi Nusa saat ini memiliki ABK berjumlah 6 murid, PAUD ini memiliki kendala yaitu kurangnya fasilitas dan alat peraga untuk anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Dengan adanya sarana dan prasana yang memadai dapat memberikan stimulasi yang terarah dan benar akan memberikan dampak perkembangan sosial emosi yang lebih baik. PAUD Pelangi Nusa ingin menjadi jembatan pendidikan anak berkemampuan khusus di usia dini yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi baik di sekolah normal ataupun sekolah khusus.

    Dengan melibatkan para pejabat setempat dan rekan media yang berada di Kota Padang. Revitalisasi perbaikan gedung belajar PAUD Pelangi Nusa: pengecatan ulang keseluruhan gedung tempat belajar dan bermain, penambahan sarana bermain untuk membantu menstimulasi anak-anak yang berkebutuhan khusus, dan penambahan alat-alat operasional saat proses belajar-mengajar berlangsung di kelas.

    Acara peresmian revitalisasi PAUD Pelangi Nusa ini dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh Branch Head Asuransi Astra Padang, Iyus Suryaman lalu diteruskan oleh pemberian bantuan alat-alat operasional sekolah seperti kipas angin, rak sepatu, buku-buku dan mainan edukatif, yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

    Dikatakan Iyus, selain pemberian alat-alat operasional, tim Asuransi Astra juga membantu dalam perbaikan struktur bangunan sekolah seperti pengecatan dinding luar dan dinding dalam sekolah, perbaikan toilet, hingga perbaikan lantai sekolah. Dan dilanjutkan dengan pemberian gift sebagai simbol peresmian atas selesainya revitalisasi terhadap PAUD Pelangi Nusa.

    “Perlu disadari bahwa pendidikan dini pada anak-anak memiliki sumbangsih penting bagip pembentukanstruktur otak anak sejak dini dan berdasarkan riset Kemendikbud anak yang pada usia dini sudah disekolahkan di PAUD/TK, memiliki rate kesuksesan yang lebih tinggi, dibandingkan denganyang tidak. Karena berawal dari sini lah anak-anak pada usia dini dapat belajar untuk memupuk rasa mandiri, percaya diri, dan toleransi sosial yang tinggi terhadap sesama. Semoga dengan selesainya revitalisasi ini, membuat murid PAUD Pelangi Nusa dapat belajar dengan lebih bersemangat dan PAUD ini akan menghasilkan lebih banyak generasi-genarasi sukses di masa mendatang,” ujar Iyus.

    Ketua GOW Kota Padang Ny. Genny Putrinda, mengatakan, "Hari ini saya hadir di depan bapak/ibu serta anak-anak yang berkebutuhan khusus yang saya cintai. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri buat saya melihat mereka semangat menuntut ilmu. Semangat mereka berkelindan dengan #PijarIlmu dari Astra."

    Dikatakan Genny, PAUD Pelangi Nusa yang merupakan bagian dari PAUD Terpadu Hauriyah Halum merupakan satu dari 46 PAUD inklusif di Kota Padang. Pemko Padang sangat mendukung kepedulian PAUD ini melaksanakan pendidikan inklusif karena anak-anak berkebutuhan khusus pun punya kecerdasan dan bakat istimewa yang bila dikembangkan membuat mereka bertalenta dan berprestasi.

    "Mereka berhak mendapatkan kepedulian kita. Dan kepada Asuransi Astra, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungannya terhadap upaya Pemko memajukan pendidikan inklusif," ujar Genny dengan nada bahagia.


    Permainan yang menghibur anak-anak Pelangi Nusa

    Kepala PAUD Terpadu Hauriyah Halum, Ninna Ramayenda, S.Pd mengatakan sangat bahagia atas perhatian Asuransi Astra terhadap sekolah binaannya PAUD Pelangi Nusa. PAUD Pelangi Nusa adalah bentuk kepedulian kami untuk anak-anak sekitar PAUD itu. Dan menjadikan PAUD sebagai wahana meleburnya kepedulian semua pihak terhadap kemajuan pendidikan anak bangsa.

    "Kami dirikan PAUD Pelangi Nusa sebagai wujud cinta kami kepada negeri ini. Kami ingin ikut mempersiapkan generasi unggul. Mereka harus benar-benar menjadi bonus bagi Indonesia Emas," tegasnya. (zul)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2