• Breaking News

    Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru, MGMP IPA "Jendela Dunia Kamang Baru" Gelar PKP Berbasis Zonasi


    SIJUNJUNG, (sumbarkini.com)  -Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA "Jendela Dunia Kamang Baru" gelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi yang dilaksanakan di SMPN 11 Sijunjung, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

    PKP yang dilaksanakan dari 6 Oktober hingga 3 November 2019 diikuti sebanyak 20 orang guru IPA SMP yang ada di zona Kamang Baru ini ditutup secara resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung diwakili Pengawas SMP, Ruswanon, S.Pd. MM, Minggu (3/11).

    "Pelaksanaan PKP ini dilakukan dengan pola (In - On - in) yaitu, In pertama dilakukan disetiap minggunya mulai dari 6 Oktober hingga 3 November dengan lima kali pertemuan, kemudian kegiatan On dilakukan selama lima hari disekolah guru sasaran dan dilanjutkan dengan In yaitu tes terakhir,"kata Guru inti/Fasilitator kegiatan PKP, Nelly Oktovia H. S.Pd

    Kegiatan ini lanjut Nelly bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam perencanaan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Other Thinking Skills/Hots)

    Sementara itu Pengawas SMP, Ruswanon, S.Pd. MM menuturkan. bahwa kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga pendidik guru.

    “Sasaran dari peningkatan kompetensi ini adalah peserta didik diharapkan semakin tinggi keterampilan, dalam hal ini daya nalar anak-anak peserta didik yang dipacu,” kata Ruswanon yang juga pengawas PKP mata pelajaran IPA SMP ini.

    Dikesempatan itu Ruswanon juga berharap, dengan adanya PKP ini nilai hasil ujian anak didik semakin meningkat, karena itu adalah harapan dan tujuan akhir PKP ini.

    “Khusus kepada peserta tentunya mampu nanti mengimplementasikan di kelas seperti apa tindakan-tindakan dan pola-pola pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan PKP,” ungkapnya.
    (andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2