• Breaking News

    Wako Riza Falepi Turun Tangan, tak sampai Sejam Genangan Surut

    Walikota Riza Falepi turun tangan membersihkan saluran menuju drainas


    Payakumbuh, Sumbarkini.com-Curah hujan yang cukup tinggi sepanjang Senin (27/1) menyebabkan terjadinya genangan di ruas jalan utama Kota Payakumbuh. Tak ingin genangan terus mengusik kenyamanan warga kota dalam beraktivitas, Walikota, Rizal Falepi langsung turun tangan.

    Di tengah hujan, Walikota Riza langsung mengecek saluran drainase di sejumlah ruas jalan utama kota. Tak hanya memantau, walikota langsung turun tangan menyelesaikan sebab-musabab genangan air. Praktis, tak sampai sejam, jalan-jalan utama di kota gelamai langsung terbebas dari genangan.

    Di ruas jalan dekat terminal, Wako Riza Falepi tampak membersihkan saluran air menuju drainase. Dengan menggunakan pacul, saluran yang tertutup pasir itu langsung bersih dan air yang menggenangi jalan langsung terbuang ke drainase.

    Walikota Riza Falepi menyebutkan hujan lebat tidak menyebabkan banjir. Namun, debit air yang tinggi menyebabkan genangan di sejumlah ruas jalan. Hal itu disebabkan dua hal. Pertama karena sampah yang dibuang sembarangan, sehingga menyumbat saluran drainase. "Petugas kita jam satu malam mengatasi genangan air. Ternyata ada bagian drainase yang tersumbat sampah," ujar Wako Riza Falepi.

    Karena itu, walikota meminta warga bersikap arif dan bijaksana untuk tidak membuang sampah sembarangan.

    Penyebab kedua adalah karena saluran yang menghubungkan ruas jalan dengan drainase sangat kecil. Ketika saluran yang kecil tertutup pasir, maka terjadilah genangan di ruas jalan.

    Walikota Riza Falepi juga berharap warga bisa berinisiatif untuk membersihkan saluran menuju drainase tanpa menunggu petugas dahulu. Membersihkan saluran kecil di samping trotoar menuju drainase itu menurut walikota sangat mudah dan sederhana. Memakai seutas ranting saja saluran itu bisa dibersihkan.

    Ke depan, Walikota Riza menginstruksikan dinas terkait untuk memperbaiki saluran kecil dekat trotoar. Saluran itu agar diperlebar. Kalau perlu, dibuat sumur resapan dekat trotoar. (Rizal)



    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2