• Breaking News

    Dipercaya Menjadi Pemateri Keprotokolan di SMAN 1 Sijunjung, Delvianti Basri,: Teruslah Belajar Untuk Menjadi Sukses

    SIJUNJUNG (Sumbarkini) - Delvianti Basri, SE dipercaya menjadi pemateri keprotokolan dalam acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sijunjung tahun pelajaran 2022/2023 yang dilaksanakan di aula SMA tersebut pada Rabu 13 Juli 2022.

    Delvianti Basri saat ini merupakan Kasi PAUD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, dulu pernah bertugas pada Bagian Protokoler Setdakab Sijunjung. Pengalamannya di keprotokolan bukan hal yang baru lagi karena sudah banyak membawa acara dan mendampingi Pimpinan dalam acara besar maupun acara resmi lainya.

    "Alhamdulillah kali ini dapat kesempatan menjadi pemateri Public Speaking dan materi keprotokolan di SMA N 1 Sijunjung, semoga apa yang disampiakan bermanfaat buat mereka hendaknya," ujar Buk Del yang akrab disapa oleh guru guru PAUD dan TK se Kabupaten Sijunjung ini.

    "Selama ini seni berbicara didepan umum dipelajari secara alami sesuai dengan kepribadian dan karakteristik serta gaya saja, karena belum menguasai skill Public Speaking yang tepat, namun seiring berjalannya waktu harus terus berubah , melihat  IT yang semakin canggih kenapa tidak untuk selalu belajar untuk berkembang,"kata Buk Del yang tidak sombong dan dikenal dekat dengan semua orang tersebut.

    Dalam materinya Buk Del mengatakan,  Keprotokolan itu bukan hanya aturan belaka namun diatur berdasarkan UU Keprotokolan No 09 tahun 2010.

    ”Berdasarkan UU No 09 Tahun 2010, Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang terkait dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi, meliputi tata tempat, tata upacara, serta tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai jabatan dan atau kedudukannya dalam suatu negara, pemerintah atau masyarakat,"ujarnya

    Sedangkan Pembawa Acara yang sering kali disebut Master Of Ceremony (MC) adalah bagian terkecil dari protokoler. 

    "Untuk menjadi MC memang tidak mudah, bahkan banyak yang merasa gugup atau nerves saat ditunjuk sebagai MC. Untuk itu sebelum memandu acara ada banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya mempelajari teks, hal ini mungkin bisa mengurangi rasa gugup dan kecemasan,"harapnya

    Buk Del juga berpesan kepada adik adik Siswa SMA N 1 Sijunjung yang baru masuk agar jika dipercaya menjadi pembawa acara atau ditunjuk menjadi Protokol, jangan lupa berdoa dan teruslah belajar untuk menjadi sukses dan teruslah mengasah kemampuan dan mengevaluasi setiap kegiatan. (Andri)


    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2