• Breaking News

    Temukan Keunggulan Bersaing dan Dampaknya Bagi Bank Syari'ah , Edi Suandi Jadi Doktor Pertama PDIM Universitas Andalas

    Padang - Hari ini kamis, 25 Agustus 2022 Program Doktor Ilmu Manajemen PDIM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas melahirkan Doktor pertamanya  atas nama Edi Suandi.  Edi Suandi menyelesaikan studi S3 nya tergolong cepat yaitu lebih kurang  3,5 tahun. 


    Tema yang diangkat Edi Suandi dalam disertasinya adalah tentang pengaruh peran etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan dan pemasaran konvergensi terhadap keunggulan bersaing dan dampaknya bagi kinerja bank syariah di Indonesia dengan moderasi kepemimpinan yang waspada dan literasi digital organisasional. Dalam menyusun disertasi ini Edi Suandi di bimbing oleh promotor Prof. Dr. Herri, SE, M.BA dan Co Promotor Dr. Yulihasri, SE, M.BA dan Dr. Syafrizal, SE, ME.  


    Beranjak dari ke prihatinan Edi Suandi terhadap fenomena Bank syariah di Indonesia teridentifikasi bermain aman dengan mengutamakan akad mudharabah (jual beli) atau bermain di sector ritel ketimbang akad-akad lain yang dapat dikelolanya seperti  perbankan syariah di Malaysia dan Timur Tengah yang bermain di sektor investasi. Setelah lebih kurang 20 tahun beroperasi, berbagai ukuran penilaian kinerja industri perbankan seperti CAR, ROA, BOPO, LDR, NIM, NPL, bank syariah selalu lebih rendah dibawah bank konvensional (Kementerian PPN/Bappenas, 2018). Selama itu pula, pangsa pasar bank syariah tidak bergeser dari kisaran 9 % walaupun telah dilakukan berbagai kebijakan yang suportif dari Pemerintah dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan bunga Bank (riba), tapi paktanya masih rendahnya keunggulan bersaing bank syariah dalam menguasai pasar Indonesia yang mayoritas menganut agama Islam. 


    Namun  sejauh ini strategi-strategi pemasaran yang tepat dari sektor ini masih sedikit sekali dieksplorasi. Penerapan strategi yang tepat menjadi faktor kunci bagi kesuksesan dalam bersaing dan memperoleh kinerja yang superior. Etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi adalah strategi-strategi yang berpotensi membantu pengembangan keunggulan bersaing dan kesuksesan perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan menguji sebuah kerangka hubungan antara strategi, keunggulan bersaing, dan kinerja perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini diarahkan pada 204 cabang dari 10 bank syariah yang tersebar di 21 provinsi di bagian barat Indonesia. 


    Hipotesis diuji menggunakan analisis model struktural dengan pendekatan partial least square (PLS). Hasil menunjukkan kalau etika pemasaran Islam dan pemasaran konvergensi berpengaruh signifikan pada pada keunggulan bersaing tetapi tidak berpengaruh signifikan pada kinerja bank syariah, sementara pemasaran kewirausahaan berpengaruh signifikan baik pada keunggulan bersaing maupun pada kinerja. Keunggulan bersaing memediasi pengaruh variabel-variabel strategi terhadap kinerja. Diantara variabel kontrol, hanya kepemilikan pemerintah yang berpengaruh signifikan pada kinerja. Kepemimpinan yang waspada tidak memoderasi hubungan pemasaran kewirausahaan dengan kinerja, begitu pula literasi digital organisasi, tidak memoderasi hubungan pemasaran konvergensi dengan kinerja bank. Pengembangan etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi akan berkontribusi pada keunggulan bersaing dan kinerja bank syariah, yang menjadi kunci bagi pertumbuhan perbankan syariah yang sukses di masa depan.


    Dan hebatnya Selama menyelesaikan S3 nya Edi Mampu menghasilkan 4 (empat) publikasi ilmiah, 2 (dua) di Jurnal Internasional terindex Scupus Q2 dan 2 (dua) di Jurnal Nasional terindex Sinta 3. Adapun judul publikasi ilmiah nya adalah: 

    1. An empirical investigation of Islamic marketing ethics and convergence marketing as key factors in the improvement of Islamic banks performance di jurnal Journal of Islamic Marketing Terindex Scopus Q2 dengan publisher  www.emerald.com

    2. Evaluating the relationship between entrepreneurial marketing, competitive advantage, and Islamic banks performance Journal of Financial Services Marketing, Terindexs Scopus Q2 dengan publisher www.springer.com  

    3. Ethical, Innovative, And Moble: Sharia Banks And Factors Affecting Ist Competitive Advantage di jurnal Jurnal Ipteks Terapan dengan publisher www.publikasi.lldikti10.id

    4. Relationship Between Blue Ocean Strategy, Customer, And Islamic Bank Performance di jurnal Jurnal Ipteks Terapan dengan publisher www.publikasi.lldikti10.id


    Dalam ujian Doktor Edi Suandi juga di uji oleh penguji eksternal  Prof. Dr. Mohamad Bin Ismail dari Universitas Malaysia Kelantan. Sedangkan penguji Internal terdiri dari Prof. Dr. Syukri Lukman, SE, MS, Prof. Ratni Prima Lita, SE, M.Si,  Dr. Efa Yonedi, SE, MPPM, Akt, CA, GRP ( Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas), Dr. Rida Rahim, SE, ME (Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas) dan Dr. Harif Amali Rivai, SE, M.Si. 


    Sekarang Edi Suandi aktif sebagai dosen tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Baiturrahmah Padang di samping juga di amanahkan oleh Gubernur Sumbar sebagai ketua Harian Lembaga Koordisi Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumatera Barat. (*/Elsi)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2