• Breaking News

    BPS RI Canangkan Kabupaten Sijunjung Menuju Kabupaten Statistik

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia mencanangkan Kabupaten Sijunjung menuju Kabupaten Statistik. 

    Kabupaten Sijunjung menjadi daerah ketiga di Indonesia dalam pencanangan menuju kabupaten statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI. 

    Sosialisasi dan pencanangan tersebut dihari langsung oleh Deputi Statistik Produksi BPS RI M. Habibullah, di Balairung Kantor Bupati Sijunjung, Nagari Muaro, Kecamatan, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (22/12/2022). 

    Deputi Statistik Produksi BPS RI itu menyebut, pencanangan tersebut dilakukan berdasarkan Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia. 

    "Kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung dalam pencanangan kabupaten statistik ini," ungkap Habibullah kepada awak media. 

    Ia menjelaskan, dengan berbasis data yang sudah satu itu, pembangunan daerah akan terlaksana secara maksimal. 

    "Nantinya dengan data itu, program pembangunan dari Pemkab Sijunjung akan menjadi tepat sasaran sekaligus maksimal," ujarnya. 

    Dikatakannya, setelah nantinya Sijunjung menjadi kabupaten statistik sepenuhnya, maka bisa dilihat dengan data itu apakah investor akan datang. 

    "Dengan data itu, nantinya akan terungkap apa saja potensi yang ada di Sijunjung, sehingga terciptanya masyarakat Sijunjung nagari madani," tutur Deputi Statistik Produksi BPS RI itu. 

    Sementara, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menjelaskan, selama ini data yang ada di Sijunjung sudah ada, tetapi belum sinkron. 

    "Maka dari itu, kini kita berkolaborasi mulai dari BPS Sijunjung, BAPPEDA dan pihak nagari untuk menyinkron data yang ada," ucap Benny. 

    Dengan satu data tersebut, kata Benny, intervensi terhadap satu masalah yang ada akan lebih maksimal, seperti halnya peningkatan IPM Kabupaten Sijunjung. 

    Lanjutnya, data tersebut nantinyakan akan dikumpulkan oleh petugas pendataan Sistim Informasi Data Nagari Cinta Satistik (Sicantik) pada masing-masing nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung. 

    "Dengan ini, nantinya tidak ada lagi perbedaan data yang ada di Kabupaten Sijunjung, mulai dari BPS, Nagari dan BAPPEDA memiliki data yang akurat dan sama," tutur Bupati Sijunjung itu. 

    Dikatakan Benny, data tersebut nantinya bisa diakses melalui portal web yang disediakan oleh Diskominfo Sijunjung.(Andri/hafiz)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2