• Breaking News

    Pemkab Sijunjung Gelar Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024


    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) Kabupaten Sijunjung menggelar kegiatan konsultasi publik rancangan awal  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati setempat pada Selasa 24 Januari 2023.

    Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si ini juga dihadiri Ketua DPRD, Bambang Surya Irwan bersama Wakil Ketua dan Ketua Komisi DPRD Kabupaten Sijunjung, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Sekdakab DR. Zefnihan, AP.M.Si beserta Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Sijunjung, Narasumber, Camat se Kabupaten Sijunjung, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Ketua MUI dan Baznas, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung.

    Bupati Sijunjung Benny Dwifa menyampaikan bahwa, pada tahun 2023 ini akan memasuki tahapan pesta demokrasi, secara tidak langsung akan mempengaruhi terhadap capaian target makro pembangunan daerah dan indikator kinerja utama pemerintah daerah yang telah ditetapkan melalui perbup no 39 tahun 2022 tentang RKPD tahun 2023 yang akan dilaksanakan melalui APBD tahun anggaran 2023.

    "Oleh sebab itu, diharapkan pencapaian target makro pembangunan tahun 2023 dapat tercapai dengan  optimal melalui penerapan manajemen resiko yang efektif. Sehingga tidak berimplikasi terhadap capaian target makro pembangunan dan indikator kinerja utama Pemerintah Daerah tahun 2024 yang telah tertuang dalam rancangan awal RKPD 2024,"ujar Benny

    Pada kesempatan itu, Bupati Benny meminta kepada Kepala Perangkat Daerah agar melakukan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan RKPD tahun 2023 secara berkala yang berpedoman kepada pencapaian target indikator kinerja utama dan indikator kinerja kunci perangkat daerah.

    Bupati Benny mengatakan bahwa pada rancangan awal RKPD 2024 telah dirumuskan 8 fokus pembangunan daerah. Berdasarkan fokus pembangunan daerah tersebut maka dirumuskan tema pembangunan daerah pada tahun 2023, yaitu; "Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat di Segala Bidang melalui Reformasi Struktural". Melalui reformasi struktural diseluruh sektor pembangunan dan birokrasi, diharapkan terwujutnya akselerasi pembangunan yang merata dan berkeadilan.

    "Sesuai dengan itu, maka untuk tahun 2024 kami alokasikan pagu indikatif  masing masing kecamatan sebesar 1,5 sampai dengan 2 Miliar berdasarkan proporsi kewilayahan. Untuk itu kami memintak para camat agar dalam pelaksanaan musrembang RKPD tingkat kecamatan  menelaah dan merumuskan skala prioritas  pembangunan di masing masing nagari/desa yang selaras  dengan prioritas  pembangunan daerah tahun 2024 dan RKPD. Sehingga hasil Musrembang kecamatan dapat diakomodir  dalam rancangan awal RKPD tahun 2024,"harap Bupati Benny Dwifa.

    Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Dra. Yuni Elviza, MT mengatakan, kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD ini bertujuan untuk merumuskan dan membahas isu isu aktual daerah saat ini yang nantinya akan melahirkan prioritas pembangunan daerah dan program prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2024

    Peserta pada kegiatan konsultasi publik ini ujar Yuni adalah berjumlah 160 orang yang terdiri dari pimpinan dan ketua komisi DPRD Kabupaten Sijunjung, Unsur Forkopimda/Lembaga Vertilal, Sekdakab, Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah, BUMN dan BUMD, Oraganisasi/Lembaga kemasyarakatan, perguruan tinggi, Wali Nagari/ Kepala Desa se Kabupaten Sijunjung

    Nara sumber pada acara konsultasi publik ini lanjut Yuni Elviza adalah Kepala Bapppeda Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, dan Ibu dr Erly Wirdayani , SP.A. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara kesepakatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2024 oleh Bupati Sijunjung dan perwakilan peserta forum konsultasi publik. (Andri)




    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2