• Breaking News

    Sekdakab Sijunjung, Zefnihan Buka Rakor FKP Pendataan Awal Regsosek 2023

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) -Bupati Sijunjung diwakili Sekretaris Daerah, DR. Zefnihan, AP.M.Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Konsultasi Publik (FKP) pendataan awal Regsosek 2023 Fasilitator, Asisten Afasilitator, dan Stakeholder terkait se Kabupaten Sijunjung di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Setempat pada Selasa 11 April 2023

    Rakor dengan tema "satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat"ini dihadiri Unsur Forkopimda, Asisten I Setdakab, Aprizal, M.Si, Kepala Dinas Kominfo, David Rinaldo, Kepala Bapppeda, Yuni Elviza, Kepala Dinas Dukcapil, Ferizal Ansori, Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Joni Antonius, Camat beserta Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung

    Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan, AP. M.Si dalam sambutannya berharap adanya keakuratan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Kabupaten Sijunjung tahun 2023.

    “Pendataan Regsosek dapat menjadi gambaran bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat. Maka data (Regsosek) yang akurat dan data riil kondisi sosial ekonomi masyarakat dapat menentukan skema kebijakan pemerintah dalam penyusunan berbagai program, salah satunya program pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

    Disebut Sekda, FKP Regsosek ini merupakan salah satu proses yang perlu dilakukan untuk memverifikasi data yang telah didapatkan di awal pendataan yang lalu.

    “Melalui pendataan awal regsosek ini diharapkan dapat menghasilkan data terpadu baik dalam penyusunan program perlindungan sosial namun juga dalam rangka perencanaan pembangunan yang lebih terarah,” kata Zefnihan.

    Ia menekankan pentingnya pendataan Regsosek agar setiap program pemerintah dapat dilakukan tepat sasaran.

    “Diminta kepada OPD, Camat, Walinagari serta Kepala Jorong untuk dapat bekerjasama dan membantu BPS dalam mensukseskan kegiatan FKP Regsosek ini,” tegasnya.

    Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sijunjung, Riqadli menyebut pihaknya telah selesai melakukan pendataan lapangan dan pengelolaan pada tahun 2022 lalu.

    Saat ini, kata Kepala BPS telah masuk pada tahapan diskusi yang melibatkan masyarakat melalui FKP Regsosek tahun 2023.

    “FKP merupakan kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat, untuk memperoleh kesepakatan terkait hasil registrasi sosial ekonomi yang telah dilakukan,” ujarnya.

    Untuk FKP itu akan dilaksanakan di setiap Nagari dan dipimpin oleh Walinagari yang didampingi oleh Tim Teknis dari BPS Kabupaten Sijunjung.

    “Forum Komunikasi Publik (FKP) ini bertujuan untuk membuka ruang partisipasi dari masyarakat sekaligus sebagai bentuk transparansi, kontrol sosial, serta peningkatan kualitas penyusunan data perlindungan sosial pemerintah,” jelas Riqadli.

    “Mengingat pentingnya FKP Regsosek ini, saya berharap mendapat dukungan penuh dari semua pihak, mulai dari instansi pemerintah daerah, TNI/Polri. Sehingga FKP berjalan dengan baik sebagaimana mestinya,” pungkas Kepala BPS Riqaldi (Andri/Dicko)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2