• Breaking News

    Kateda dan Kwarda 03 Sumbar Berkolaborasi dalam Gerakan Keluar Bersih

    PADANG - YAYASAN KATUA Tekno Daya (KATEDA) berkolaborasi dengan Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar dalam melaksanakan Gerakan Keluar Bersih. Kolaborasi ini secara resmi ditandai penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Gerakan Keluar Bersih pada pembukaan Lomba Tingkat IV Kwatir Daerah 03 Sumatera Barat, di Bumi Perkemahan Tiger Camp, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Rabu 17 Mei 2023.

    Ketua Kwarda 03 Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy Datuak Rajo Pasisia Alam, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng mengatakan, “Kebetulan hari ini kita juga ada MoU dengan Kateda. Kawan-kawan Kateda ini gerakannya sangat bagus, Gerakan Keluar Bersih. Karena salah satu tantangan terbesar kita terutama di pariwisata adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang bersih terutama toilet.”

    Audy mengatakan Gerakan Keluar Bersih ini menggandeng pramuka untuk membiasakan bersih sejak masa mudanya. Ke depan diharapkan cap pariwisata Sumbar tidak melulu hal negatif terkait kotornya toilet. “Alhamdulillah hari ini kita ada MoU dengan Kateda. Jadi mohon Bapak Ketua Harian, Bapak Sekretaris untuk menindaklanjuti. Memang dari kecil harus dibina toh hidup bersih, hidup sehat karena kebersihan Sebagian dari iman,” tegasnya.


    Penandatanganan MoU Kateda dengan Kwarda 03 Sumbar

    Audy menyatakan bahwa pemilihan kerjasama dengan Pramuka sangat tepat karena Pramuka itu disiplin, turut satu komando. “Lebih mudah diarahkan anak-anak Pramuka itu,” ujarnya.

    Audy juga mengingatkan perilaku pengguna toilet. Kadang-kadang kita egois dalam menggunakan toilet. Toilet dipakai tanpa memikirkan orang yang menggunakan setelahnya.

    Lebih jauh Audy menyebutkan Lomba Tingkat IV merupakan tahapan dan proses yang harus dilalui oleh Pramuka Penggalang. Kegiatan yang menyelenggarakan 17 macam lomba itu diikuti oleh 13 kabupaten/kota dan para terbaik akan mewakili Kwarda 03 di Jakarta pada Bulan Juni 2023. Juara II dan III akan mengikuti kemah Bela Negara di Kalimantan Selatan.

    Ketua Pembina Yayasan KATEDA, Ir.H Surya Tri Harto, MT, MBA mengatakan penandatangan Mou ini merupakan awal kegiatan kolaborasi antara Kwarda 03 Sumatera Barat dengan Kateda. Ini didasari oleh Kwarda 03 Sumbar memiliki kontribusi dalam memberikan perubahan perilaku kepada masyarakat Sumatera Barat untuk menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Mereka nantinya bisa turut menularkan semangat kontribusi KATEDA guna mewujudkan sumber daya manusia yang sadar dan peduli dalam menjaga kebersihan toilet.

    “Berangkat dari kesamaan latar belakang yang sama-sama berkeinginan untuk berkontribusi dalam memberikan perubahan perilaku kepada masyarakat mendorong KATEDA untuk berkolaborasi dengan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar melalui Gerakan Keluar Bersih,” ungkap Surya.

    Bersama peserta Lomba Tingkat 4 Kwarda 03 Sumatera Barat.

     
    Surya menyatakan, melalui kolaborasi ini diharapkan dapat menumbuhkan awareness tentang perubahan perilaku dalam menjaga kebersihan toilet bagi seluruh kader Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar serta mendukung gerakan Sumatera Barat Bersih. “Saya mengapresiasi kolaborasi yang digalang oleh Yayasan Kateda yang dikomandoi Direktur Eksekutif KATEDA Muchdian Muchlis, ST, M.Tech. Mgt,” jelasnya.

    Direktur Eksekutif Yayasan Kateda, Muchdian Muchlis mengungkapkan bahwa kolaborasi ini merupakan salah satu inisiasi KATEDA untuk memulai gerakan perubahan perilaku menjaga kebersihan toilet di lingkungan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar. Adapun sasaran dari Gerakan Keluar bersih ini adalah siswa-siswi,  mahasiswa, dan seluruh individu maupun pihak yang tergabung dalam Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar.

    Muchdian Muchlis yang akrab disapa Aan ini menambahkan bentuk kolaborasi tersebut terdiri dari beberapa kegiatan yang berguna dalam membangun kesadaran berperilaku bersih menggunakan toilet bagi kader Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar seperti pembekalan materi edukasi mengenai sanitasi toilet, lomba yel-yel dan vlog terkait Gerakan Keluar Bersih, dan pemilihan Relawan Gerakan Keluar Bersih.

    Aan mengungkapkan kegembiraannya dengan terjalinnya kolaborasi bersama Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar ini. “Besar harapan dengan dukungan Ketua Kawarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Bapak Audi Joinaldy beserta jajarannya, Gerakan Keluar Bersih ini mampu menjadi gerakan massif yang melibatkan seluruh masyarakat Sumbar,” ungkap Aan.

    Aan menegaskan terima kasihnya kepada Audy Joinaldy yang dalam kapasitasnya sebagai Wakil Gubernur Sumbar telah memberikan dukungan penuh terhadap Gerakan Keluar Bersih ini. Gerakan Keluar Bersih bisa menjadi salah satu bentuk Gerakan Sumbar Bersih yang digagas Pemprov Sumbar di objek-objek wisata yang ada di daerah ini. Lalu ke Desa Wisata. Kini Gerakan Keluar Bersih telah mendapat dukungan dari BEM Unand dan Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumbar.


    “Insya Allah Gerakan Keluar Bersih akan terus bergulir. Kami berharap dukungan lainnya terus mengalir terhadap inisiasi kecil kami ini Semoga instansi pemerintahan di Sumatera Barat, organisasi atau lembaga di Sumatera Barat, seluruh lembaga pendidikan di Sumatera Barat mulai dari PAUD sampai ke Perguruan tinggi, Nagari, Restoran, Masjid dan tidak ketinggalan media luar ruang serta media sosial terlibat aktif dalam Gerakan Keluar Bersih. Selamat Ultah Uda Wagub, semoga Mou dan surprise ultah dari Keluarga Besar Kwarda 03 merupakan hadiah terindah di HUT ke-40,” pungkasnya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2