• Breaking News

    PENILAIAN 75 BESAR ADWI Kemenparekraf RI Kunjungi Desa Wisata Lawang


    Lawang — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengunjungi Desa Wisata Lawang, Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kamis (11/5). Kunjungan ini dalam rangka penilaian 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

    Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua disambut dengan berbagai atraksi kesenian menarik anak Nagari Lawang. Kunjungan Direktur Tata Kelola Destinasi tersebut didampingi oleh Bupati Agam, Andri Warman; Staff Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Setdaprov Sumbar, Erinaldi; Koordinator TP2 Dewi, Muhammad Zuhrizul; PIC Desa Wisata Provinsi, Nemiyarti; Forkopimca Kabupaten Agam; serta Kepala OPD terkait.

    Indra Ni Tua dalam sambutannya menyampaikan Desa Wisata Lawang merupakan destinasi yang sangat menarik. Dari 4573 desa, desa wisata Lawang berhasil masuk kategori 75 besar.


    “Daya tarik ada, kebudayaan ada, keramahan serta anak muda yang masih menghargai budaya, ini merupakan konten luar biasa yang bisa dikembangkan termasuk paralayang. Tinggal bagaimana kita mengemasnya dengan baik,” kata Indra.

    Selanjutnya ia mengapresiasi Desa Wisata Lawang dimana menurutnya pariwisata Indonesia, 95 persen merupakan alam dan budaya. Desa Wisata Lawang sudah mempunyai itu.


    Bupati Agam, Andri Warman dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas ditetapkannya Nagari Lawang menjadi salah satu dari 75 desa wisata dalam ADWI 2023. Ia juga menyampaikan, dalam program unggulannya selain dalam pengembangan SDM, pariwisata dan UMKM juga menjadi prioritasnya.

    Bupati menegaskan Kabupaten Agam di Sumatera Barat memiliki alam yang paling indah. “Kita punya pantai, gunung, danau, ngarai, budaya adat istiadat luar biasa dan pondok pesantrennya terbanyak di Agam,” katanya.

    Andri berharap pariwisata di Kabupaten Agam semakin meningkat dan berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi.

    Dalam visitasi ini Kemenparekraf memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Agam serta perangkat laptop kepada Pokdarwis Manih Sarumpun Nagari Lawang untuk pengembangan promosi wisata secara digital.

    Sebagai penutup dari kunjungan itu, Direktur beserta rombongan mencicipi kuliner khas Lawang, seperti air tabu, lamang, tumbang, nasi tanguli, dan kapelo bauwok. (rel/wln)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2