• Breaking News

    Disaksikan Bupati Benny Dwifa, Mashariyanto Dikukuhkan Sebagai Ketua PWI Sijunjung Periode 2023-2026 Bersama Pengurus Lainnya

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat Basril Basyar mengukuhkan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung. 

    Pengukuhan itu berdasarkan Surat Keputusan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Barat No:17.01/SK/PWI-SB/V/2023 tentang Pengesahan Susunan Pengurus PWI Kabupaten Sijunjung periode 2023-2026. 

    Kegiatan tersebut disaksikan Bupati Benny Dwifa Yuswir dan Ketua TP-PKK Ny. Riri Benny Dwifa, Unsur Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat se-Kabupaten Sijunjung di Gedung Pancasila Muaro, Selasa 23 Mei 23. 

    Adapun Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung terpilih yakni, Mashariyanto, sedangkan Sekretaris, Yudalius dan Bendahara, Dalmali serta beberapa seksi-seksi pada organisasi PWI tersebut.

    Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa mengucapkan selamat atas dikukuhkan kepengurusan PWI Kabupaten Sijunjung periode 2023-2026. “Selamat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan,” ucapnya.

    Ia mengajak seluruh insan pers di Kabupaten Sijunjung memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di Ranah Lansek Manih.

    “Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah salah satu sarana penyampaian informasi, baik pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini,” jelasnya.

    Benny mengakui pers sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan. “Saya berharap pers dapat bersinergi dengan pemerintah, sehingga dapat mempublikasi dan memberi masukan demi sijunjung lebih baik kedepannya,” tutur Bupati. 

    Selain itu, Bupati Benny berharap kepada seluruh masyarakat untuk tidak sebar hoax apapun itu beritanya, dan mengharapkan kepada seluruh insan media pers untuk bekerjasama dengan memberitakan berita yang sesuai fakta dan bisa sebagai penetralisir adanya berita hoax.

    “Mudah-mudahan melalui PWI para insan pers dapat melaksanakan uji kompetensi wartawan, sehingga dapat meningkatkan kualitas wartawan dan profesional dalam penulisan,” tutupnya. 

    Sebelumnya, Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Basril Basyar menyebutkan akan selalu berkomitmen mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah sesuai kode etik jurnalistik.

    “Diharapkan kepada PWI Sijunjung bisa mengawal dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Mulai dari satuan atas sampai bawah, Demi Sijunjung Maju Sijunjung Jaya sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” tegasnya.

    Selain itu, Ia juga meminta kepada PWI Sijunjung ciptakan kader-kader wartawan dan pembinaan terhadap kompetensi jurnalis muda.

    Dikatakan Basril, di era seperti sekarang ini semua orang bisa menjadi wartawan, maka dari pada itu jadilah wartawan yang professional, karena banyak oknum wartawan yang mengaku-ngaku  senior.

    “Didalam Undang-undang pers itu diatur siapa wartawan dan mana wartawan. Dewan Pers dikasih kewenangan memberi peraturan yaitu perusahaan pers harus mempunyai legalitas dan wartawan harus ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” pungkasnya (dicko)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2