• Breaking News

    Cegah Stunting, Pemkab Sijunjung Sosialisasikan Aplikasi ELSIMIL Kepada Masyarakat Melalui Catin

    Bupati Sijunjung,  Benny Dwifa bersama Ketua TP PKK, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa dan didampingi Kadis Dalduk KB, Roni Satria SSTp,M.Si beserta Sekretaris Dinas, Hendri Nurka,S.Sos,M.Si, Kabid KSPK Nuswita S.ST, MM, Penyuluh KB Kecamatan Sijunjung dan Tim Pendamping Keluarga saat menyerahkan sertifikat Elsimil kepada salah satu pasangan pengantin di Muaro Sijunjung pada Senin 29 April 2024

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Dalam rangka mewujudkan Sijunjung Bebas Stunting (Sibesti) berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung, salah satunya melalui edukasi perencanaan pernikahan melalui calon pengantin (catin).

    Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung Roni Satria SSTp,M.Si mengatakan, konsep untuk mendukung keberhasilan pencegahan dan penurunan angka stunting bagi Catin ini sudah disiapkan berupa alat dan media yaitu Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL), yaitu aplikasi skrining dan pendampingan untuk calon pengantin (Catin). 

    "Aplikasi Elsimil merupakan salah satu bentuk program pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang wajib terus di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat dan masuk dalam database melalui entrian oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK),"ujar Roni saat mendampingi Bupati Sijunjung,  Benny Dwifa bersama Ketua TP PKK, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa menyerahkan sertifikat Elsimil kepada salah satu pasangan pengantin di Muaro Sijunjung pada Senin 29 April 2024

    Lebih lanjut dikatakan Roni, dalam menurunkan angka keluarga yang berisiko stunting perlu intervensi kepada masyarakat sejak dini, mulai dari calon pengantin,Pasangan Usia Subur (PUS), IBu Hamil,ibu Pasca melahirkan serta Baduta dan Balita.

    "Maka semua sasaran ini perlu mendapatkan perhatian secara sensitif dan spesifik sehingga akhirnya melahirkan keturunan yang sehat cerdas dan tidak Stunting,"jelas Roni yang didampingi Sekretaris Dinas, Hendri Nurka,S.Sos,M.Si, Kabid KSPK Nuswita S.ST, MM, dan Penyuluh KB Kecamatan Sijunjung serta Tim Pendamping Keluarga (TPK). (Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2