• Breaking News

    Kasat Binmas Polres Sijunjung AKP Yuliza Herman, SH : Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan Disiapkan Menjadi Kampung Aman.

    Sijunjung (Sumbarkini.com) -  Program Kampung Aman dari Polres Sijunjung mendapat dukungan penuh dari Pemerintah dan masyarakat Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan.

    Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kampung Baru, Jalnibus, S.Pd.MM kepada media usai mendampingi Tim verifikasi dan survey Kampung Aman dari  Polres Sijunjung yang dipimpin langsung oleh Kasat  Binmas AKP Yuliza Herman, SH dan jajarannya, Rabu 22 Mei 2024


    "Ya, kita baru saja selesai  melakukan klarifikasi lapangan," ujar Kasat Binmas Yuliza Herman.


    Kades Jalnibus  dalam eksposenya,mengatakan,  Desa Kampung Baru ini terdiri dari 5 dusun , yakni  dusun Guguk Bulek, Koto Panjang, Koto Atas , Koto Tangah  dan Koto Lamo memiliki 2 poskamling aktif sebagai sarana pengendali keamanan dan ketertiban di desa Kampung Baru.


    Kegiatan poskamling ini langsung di koordinir oleh Kasi Pemerintahan Ihsan Hendra SP.d.I.  dengan melibatkan Ketua  Linmas  M.Taher Lelo Kayo, beranggotakan  10 orang, Ketua FKPM,  Adrison Yanitra dan Kepala Dusun masing masing.


    Disamping itu juga  Desa ini juga ada Program Posdalen, di mana kegiatan ini  dengan menghimpun nomor HP masyarakat oleh Kadus masing masing sebagai Adminnya, Group ini sebagai sarana untuk informasi terkait  keamanan dan ketertiban di lingkungan  masing masing dusun, group ini sangat efektif dalam menciptakan keamanan,  jika ada hal yang mencurigakan langsung dapat informasinya oleh masyarakat.


    Menurut, Jalnibus, keamanan dan ketertiban desa di dukung oleh tali tigo sapilin dan tungku tigo sajarangan, dimana, hukum adat, syarak dan undang menjadi rujukan penyelesaian masalah yang ada  di dalam lingkungan masyarakat.


    Kades juga mengungkapkan bahwa Tim dari Binmas akan selalu membina dan mendampingi bersama Babin Kamtibmas Brigadir Andi Partawijaya SH kedepannya.


    "Alhamdulilah melalui program desa sadar hukum binaan Kabupaten Sijunjung tahun 2023 melalui Kabag hukum yang di SK kan oleh  bupati ini kini berkembang menjadi desa sadar hukum binaan propinsi tahun ini dan telah ikut PJA 2024 di Kemenkumham RI," ujar Kades Jalnibus mantan Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung itu.


    (Herman)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2