• Breaking News

    Langka, Organisasi Wartawan Lahir dan Berpusat di Sumbar

    Padang - Para Jurnalis baik media Online maupun media cetak di Sumatera Barat, Kota Padang membuat terbosan. Biasanya organisasi kewartawanan terlahir dan berpusat di Jakarta. Namun, organisasi media Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI) membuat hal berbeda, lahir dan berpusat di Sumatera Barat.

    Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Kolaborasi Jurnalis Indonesia (DPP-KJI) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW Sumbar) masa bakti periode 2024 - 2027 telah resmi dikukuhkan oleh Ir. Basril Basyar, MM Dewan Kehormatan organisasi KJI.

    Prosesi pengukuhan dan penyerahan bendera pataka simbol organisasi tersebut berlangsung di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (29/6/2024) .

    Acara pengukuhan berjalan sukses dan meriah dipandu oleh Master of Ceremony Hariyanto Sutan Malin Mudo, SS, SH yang juga Owner media www.lamosai.com

    Setelah resmi dikukuhkan, Ketua DPP-KJI Jongguk Maransi Siagian yang akrab disapa Opung, ia langsung mengukuhkan kepengurusan Dewan Pempinan Wilayah (DPW) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dikomandoi oleh Peter Prayuda, Sukra Rahmat Putra, S.Kom Sekretaris dan Bendahara Ridwan Syafriandi S.IP.

    Dr. Basyril Basyar Dewan Kehormatan KJI mengucapkan, Selamat untuk pengukuhan kepengurusan DPP dan DPW KJI Periode 2024-2027. Semoga KJI bisa menjadi rumah bagi para jurnalis dan tempat bertanya para kawan-kawan jurnalis.

    "Semoga kedepannya KJI bisa lebih baik dan maju dalam hal pembinaan wartawannya, apalagi kantor pengurus pusatnya berada di Kota Padang Sumatera Barat, ini sangat unik dan langka," ucapnya.

    Mewakili Kapolda Sumbar, Kabid Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan, dalam sambutannya mengajak insan pers untuk senantiasa mendukung program pemerintah dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan.

    "Atas nama Polda Sumbar, saya mengucapkan selamat kepada pengurus KJI yang dikukuhkan. Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab membawa organisasi ke arah lebih baik," ujar Kombes Pol Dwi S.

    Selain itu, dia pun menegaskan apabila ada persoalan antara wartawan dan anggota personil kepolisian di bawah jajaran Polda Sumbar yang bertikai. Kemudian, ada rekomendasi dari wadah organisasi kewartawanan KJI, pihaknya akan segera menindaklanjuti.

    "Kedepan, dengan adanya KJI  bisa sebagai wadah pemersatu, jangan ada lagi kotak-kotak antar sesama jurnalis. Apalagi, KJI hadir dengan moto bersatu dalam berkolaborasi," pinta Kombes Pol Dwi.

    Senada dengan Kapolda, Gubernur Sumbar yang diwakili Siti Aisyah Kadis Kominfo sangat bangga dan mengapresiasi atas berdirinya organisasi media atau jurnalis Dewan Pimpinan Pusatnya (DPP) di Sumatera Barat.

    "Semoga KJI mampu menjadi pemersatu antar sesama rekan-rekan media. Mampu membangun kerjasama dan memberikan berita yang pasti, berimbang dan dapat dipertamggung jawabkan. Adtinya, mampu berkolaborasi dengan siapapun," saran Siti

    Pada kesempatan tersebut, Deni Hamdani, salah seorang founder KJI memaparkan awal mula berdirinya organisasi kewartawanan itu hingga bisa berbadan hukum dengan, SK. Menkumham Republik Indonesia No AHU. 0011133.AH.01.07.TAHUN 2023. (Akte Pendirian Tanggal 25 November 2023, No. 35), NPWP – 01.927.644.3-201.000. 

    Tidak semudah membalikan telapak tangan. Kemudian, keberadaan KJI merupakan sejarah bagi kita insan pers Sumbar. Karena, satu-satunya organisasi pers yang DPP nya ada di Sumbar hanya KJI, beber Deni Handani yang juga owner media GoAsia.

    "Untuk itu, dengan telah terselenggaranya prosesi pengukuhan ini, kalau tadinya KJI merekrut anggota, kedepannya KJI yang akan dilirik anggota," harapnya.

    Terpisah, Andarizal Ketua Founder KJI meminta kepada semua pengurus yang telah dikukuhkan supaya untuk lebih serius lagi melakukan pengembangan sayap organisasi, jangan berpangku tangan. Sebab, kita mempunyai target merapat ke Dewan Pers,” jelasnya.

    Andarizal juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah berkontribusi terhadap acara pengukuhan kepengurusan organisasi kewartawanan Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI). “Saya, sebagai ketua founder KJI mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini,” katanya.  

    Terimakasih disampaikannya kepada para pihak yang telah mendukung kesuksesan pelaksanaan kegiatan tersebut. Melalui media ini, dia juga menyampaikan salam hormat dan terimakasih sebesar-besarnya atas dukungan penuh H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH (Ketua Badan Kehormatan DPD RI) dan Ir. H. Surya Tri Harto, MT., M.BA. Dt Rangkayo Mulia. 

    "Bang Leonardy dan Pak Surya Tri Harto telah mengupayakan untuk hadir di acara ini. Namun karena ada tugas yang tidak bisa diwakilkan, keduanya hanya menyampaikan salam dan dukungan buat KJI. Karangan bunga keduanya turut memeriahkan acara kami. Dukungan dananya sangat terasa membantu pelaksanaan acara ini," pungkasnya. 

    Tampak hadir saat pengukuhan DPP dan DPW KJI, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pejabat terkait di jajaran Polda Sumbar, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang, Pejabat terkait di jajaran Polresta Padang, Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan Dewan Kehormatan KJI. Selain itu, tampak hadir ormas Laskar Merah Putih Sumbar, DPW MOI Sumbar, DPC MOI Kota Padang dan tamu undangan lainnya. (zulfadli)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2