Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Panjat Pinang Semarakkan Idul Fitri di Koto Gadang

    Koto Gadang (sumbarkini.com) - Anak Nagari Koto Gadang mengadakan lomba panjat pinang. Perlombaan dipusatkan di halaman Balai Adat Koto Gadang.

    Ada empat pohon yang disiapkan. Aneka hadiah pun digantung di pohon itu untuk menyemangati anak nagari untuk memanjatnya.

    "Lomba ini kami selenggarakan untuk memeriahkan penutupan perayaan Idul Fitri Nagari Koto Gadang. Kami mendapat dukungan dari tokoh masyarakat di kampung halaman dan perantauan," ujar Ketua Panitia Pelaksana, Dirga Herdiantara.

    Menurut Dirga panitia menyediakan empat batang pinang. Ada empat kelompok peserta. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk menurunkan hadiah.

    Setelah semua hadiah turun, dibuat partai tambahan. Para peserta adu cepat sampai di puncak. Panitia berupaya memberikan hadiah uang. Para pengunjung potensial diminta memberikan sumbangan ke kotak yang disodorkan, imbalannya pengunjung tersebut di beri pin kertas.

    (Video Lomba Pinang di Koto Gadang, Selasa 19 Juni 2018)

    Perantau pun dirayu untuk memberikan penyemangat bagi anak nagari yang tengah berlomba. Bahkan diantara hadiah itu ada yang diperuntukkan khusus untuk kegiatan anak nagari. Salah satu rencana yang mendesak adalah pembentukan klub bola di nagari itu. Lalu dilanjutkan dengan silat dan lainnya. Semuanya nanti terintegrasi dengan kegiatan Masjid Tapi Nurul Iman.

    Simak video panjat pinang di Koto Gadang lainnya

    Acara itu dihadiri Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, CEO PT Capella Medan Cabang Padang Ramlan Gazali dan perantau Koto Gadang. Para perantau selain memberikan hadiah yang akan digantung di pohon pinang, mereka juga memberikan hadiah uang bagi mereka yang paling cepat sampai di puncak.

    Walinagari Budi Zulfikar dan Ramlan sampai dua kali menambah hadiah uang untuk menyemarakkan suasana. Bahkan khusus pemuda pun diberikan uang pembinaan untuk klub sepakbola mereka jika cepat sampai di puncak. (*)







    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728