• Breaking News

    Leonardy Dukung Penuh Usaha Koperasi Babussalam

    PadangTerbentuknya koperasi di Masjid Babussalam mendapat dukungan dari Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa.  Hal itu diungkapkan dalam temu ramahnya dengan Ketua Koperasi Babussalam, Hasanuddin di Jalan Bali No 8  Padang, Rabu (27/12).

    "Kita harus dukung pengembangan usaha koperasi.  Aoalagi jika koperasi ini mengakomodir kebutuhan jemaah Masjid.  Ini menjadi ikatan antara jemaah dan masjid," ujar Leonardy.

    Menurut Leonardy upaya pengurus untuk mengelola kebutuhan jamaah dan memberikan keuntungan bersama kepada jamaah yang jadi anggotanya sangat baik. Selama ini memang ada yang mengurusnya secara pribadi, hanya saja terkendala pada skala usaha dan pelayanannya.

    Lagipula keberadaan koperasi di Babussalam berarti upaya menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat. Bahkan bisa jadi potensi ekonomi berbasis masjid. 

    Ketua Koperasi Babussalam, Hasanuddin menjelaskan koperasi yang dipimpinnya belum berusia dua tahun. Beranggotakan 33 orang dan menjalankan usaha simpan pinjam, toko koperasi,  pengadaan barang dan jasa,  dan usaha prospektif lainnya. 

    Jasa koperasi itu pernah dimanfaatkan oleh Hotel Syariah milik Irfianda Abidin. Penyediaan snack berbagai acara di masjid.

    Bahkan menurut pria yang akrab dipanggil Hasan ini, manasik haji yang dikelola masjid pun bakal dialihkan ke koperasi, demi memperkuat usaha koperasi.

    Bahkan direncanakannya pula usaha travel untuk mengakomodir jamaah. Memang simpanan wajib 20.000 dan pokok Rp50.000. Hanya saja permodalan koperasi terbantu oleh simpanan sukarela dan simpanan kurban. 

    Kini keuntungan untuk koperasi memungkinkan untuk menjalani simpan pinjan, dimulai 2018 ini. Aturan tengah disiapkan,  termasuk penjaminan pinjaman.

    Agunan bakal diwajibkan untuk menjamin pengembalian pinjaman oleh anggota. Sedapat mungkin diupayakan jaminan berupa barang bergerak sebagaimana masukan dari Leonardy.  

    Sebagai tambahan usaha, Leonardy bakal mempertemukan Hasan dengan temannya,  produsen air minum kemasan. Airnya lebih bagus dan menurut alat uji yang dibeli Leonardy,  airnya paling bagus dikonsumsi. Jika perlu, Koperasi Babusalam bisa jadi agen besarnya minimal di Padang Utara.

    Permodalan oun bisa diupayakan lewat lembaga keuangan. Jika bagus, koperasi bisa minta perkuatan dari LPDB. (z01)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2