• Breaking News

    BPBD Agam Sosialisasikan PRB ke Sekolah

    Palupuh - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam kini melancarkan sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) ke sekolah-sekolah. Dengan cara ini diharapkan kalangan siswa selalu siaga melalui pembentukan Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS).

    Harapan ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Agam, Yunaidi.S, saat menjadi pembina upacara, di SMPN 2 Palupuh, Agam.

    "Siswa sebagai komunitas pembelajar yang komit akan budaya aman dan sehat, tentu harus sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang serta siap merespon situasi lingkungan sekolahnya. Ini dalam rangka membentuk Sekolah Aman," ujarnya Senin 19Februari 2018

    Sekolah siaga bencana itu dijelaskan Yunaidi merupakan sekolah dimana warga sekolahnya memiliki kemampuan untuk mengelola risiko bencana di lingkungannya.

    Diungkapkan betapa penting mengetahui dan memahami rencana kesiapsiagaan?Kesiapsiagaan itu berguna untuk  memperkecil risiko bencana yang terjadi. "Kesiapsiagaan menjadi acuan bagi segenap warga sekolah menuju sekolah siaga," katanya.

    Yunaidi juga menyampaikan harapan Kepala Pelaksana BPBD Agam Mhd. Luthfi. Seluruh siswa diminta untuk peduli dengan segala hal. Peduli akan sampah, peduli dengan teman, peduli dengan guru dan masyarakat, sampai-sampai kita itu harus peduli dengan bencana. 

    Makan dari itu, ujar Yunaidi, sebelum bencana terjadi perlu diktahui beberapa persiapan dalam menghadapi bencana tersebut. Saat bencana terjadi, rencana tanggap bencana yang telah disusun dan disepakati warga sekolah harus diterapkan. 

    Dia meminta warga SMPN 2 Palupuh untuk rajin melakukan simulasi sesuai tanggap bencana di sekolah mereka. Pengurus OSIS di bawah bimbingan pembina dan kepala sekolah dimintanya untuk segera melakukan rapat dan menyusun kegiatan peduli bencana. 

    "Pihak BPBD dan instansi terkait akan memberikan pembekalan kepada siswa dan pelaksana kelompok siaga bencana sekolah ini," katanya menegaskan. (wir)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...