• Breaking News

    Jumlah Pemilih Pilkada Padang 584.695 Orang

    Ketua KPU Padang M. Sawati


    PADANG - Jumlah pemilih untuk pilkada Padang 2018 mendatang diperkirakan sebanyak 584.695 orang. Hasil itu didapatkan dari pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan mulai 20 Januari hingga 18 Februari lalu.

    "Hasil ini masih sementara karena belum ada keputusan dalam rapat pleno, namun ini merupakan data coklit yang telah dilakukan jajaran KPU beberapa waktu lalu," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Muhammad Sawati, kemarin.

    Dikatakan, untuk penetapan data pemilih itu, KPU akan mengusahakan secepat mungkin dan segera diplenokan oleh seluruh jajaran KPU Padang. "KPU menargetkan dalam satu bulan ke depan data pemilih sudah diputuskan," ujarnya.

    Menurutnya dari data pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh 1.704 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tersebut jumlah pemilih di Kota Padang meningkat dari pilkada 2013 dengan jumlah pemilih yakni 560.723 orang.

    Ia menyampaikan hampir lima tahun berselang tentu ada perubahan generasi dan profesi dari pemilih tersebut, sehingga pemutakhiran data pemilih benar-benar langsung dari rumah ke rumah.

    "Kami tidak ingin ada masyarakat yang punya hak pilih, namun tidak masuk ke daftar pemilih," lanjutnya.

    Seperti ada yang meninggal atau sebelumnya merupakan masyarakat biasa yang diterima sebagai polisi atau tentara sehingga tidak berhak mengikuti pemilihan.

    "Begitu juga sebaliknya, jika sebelumnya ada penduduk yang berprofesi sebagai polisi atau tentara, kemudian pensiun maka mereka berhak kembali mengikuti pilkada," tambahnya.(bm)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...