• Breaking News

    Bupati Agam Meresmikan 6 Unit IPAL Komunal

    AGAM - Bupati Agam, Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah meresmikan enam unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Kecamatan Banuhampu, Rabu 28 Februari. Kegiatan itu dipusatkan di Nagari Pakan Sinayan. 

    Keenam unit IPAL Komunal tersebut tersebar pada beberapa lokasi yaitu, Nagari Cingkariang, Kubang Putiah, Pakan Sinayan dan Nagari Padang Lua.

    “Sistem layanan air limbah komunal berbasis masyarakat (SANIMAS) merupakan salah satu pogram pembangunan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan sanitasi. Bantuan langsung diberikan kepada masyarakat untuk membangun infrastruktur sanitasi berdasarkan kebutuhan dan perencanaan masyarakat.

    Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok. Sarana air limbah komunal dibiayai melalu APBN, DAK maupun pinjaman dari Islamic Development Bank (IDB).

    Untuk Agam, program Sanimas-IDB mulai dijalankan tahun 2014. Hingga 2017 sudah dibangun 10 titik lokasi IPAL Komunal. Program ini telah melayani 440 sambungan rumah atau 2.114 jiwa.

    “Program pembangunan IPAL Komunal merupaan program berkelanjutan, untuk tahun 2018 akan dibangun IPAL pada 12 titik lokasi dan diharapkan tahun 2019 dapat dibangun 21 titik lokasi lagi. Target yang ingin dicapai dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun harus memperhatikan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan perlu dipastikan adanya ksinambungan pada saat pasca program ditingkat masyarakat.

    Dalam konteks kepedulian, kita lakukan pencanagan tahun 2018 sebagai “Tahun Peduli” di Kabupatn Agam. "Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, tunjukkan kepedulian dalam semua aspek sosial kemasyarakatan. Tunjukkan bahwa masyarakat Agam mempunyai social concerns dan social participations yang tinggi di tengah kehidupan masyarakat dan lingkungan," ujarnya.

    Pada kesempatan itu Tim RPMC Sumatera Barat juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan menafaatkan sarana IPAL Komunal yang berbasis masyarakat tersebut dengan baik.

    “IPAL ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Mari sama-sama kita jaga dan rawat serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. SANIMAS ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), supaya kita terhindar dari berbagai penyakit akibat limbah,”katanya.
         
    Ketua Panitia, H.S Dt. Kayo Nan Kuniang yang juga selaku Walinagari Pakan Sinayan dalam laporannya mengatakan, semua proyek IPAL Komunal maupun SANIMAS-IDB sudah selesai dilaksanakan, dan hari ini diresmikan Bupati Agam.

    Dikatakannya IPAL Komunal dan SANIMAS tujuannya merupakan kampanye agar kepedulian masyarakat terhadap bahaya air limbah rumahtangga jika tidak dikelola dengan baik. Tersosialisasikannya program pemerintah universal akses 100-0-100 yaiu, terpenuhinya 100 persen kebutuhan air bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen masyarakat memiliki sanitasi yang layak bagi masyarakat di akhit 2019. 

    Dan terjadinya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat terutama dari penyakit yang dimunculkan oleh air limbah rumahtangga serta meningkatnya wwasan masyarakat, bahwaair limbah bukanlah sesuatu yang harus dijauhi dan dihindarkan, melainkan sesuatu yang harus dikelola sehingga bisa dimanfaatkan,” katanya. (wir)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...