• Breaking News

    Dihadiri Bupati, Silatuahmi Leonardy Jawab Banyak Aspirasi

    BATIPUH (sumbarkini.com) - Kendati masih dalam masa pemulihan, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi berupaya hadir dalam silaturahmi Anggota DPD RI Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa dengan walinagari, BPRN, KAN di Kecamatan Batipuh, Kamis (10/5). Masyarakat gembira karena banyak aspirasi tersampaikan dan pertanyaan yang mengganjal selama ini terjawab tuntas oleh bupati dan Leonardy.

    "Ini kedatangan pertama beliau ke daerah kita. Beliau sengaja mengumpulkan walinagari, BPRN per kecamatan. Saya nilai ini agar dialognya lebih intens. Diskusi dengan beliau pasti hangat," ujar Irdinansyah.

    Irdinansyah mengatakan inisiatif Leonardy menjemput aspirasi harus diapresiasi. Tetap mau mendengarkan aspirasi dari Tanah Datar, meski bukan daerah kantong suaranya. 

    Irdinansyah yang selama dua periode menjadi sekretaris di partai Golkar Sumbar saat Leonardy jadi ketuanya, menegaskan kepada unsur pemerintah nagari untuk mengungkapkan hal-hal yang diperlukan untuk pembangunan Luhak Nan Tuo selama roadshow Leonardy di daerah mereka jelang Ramadhan ini. 

    "Kita berharap ada pertemuan akbar nantinya dengan perwakilan 75 nagari di gedung nasional," harapnya. Saya sengaja hadir di kesempatan perdana ini sebagai ucapan terima kasih. Terimakasih juga atas doa bapak ibu sekalian hingga bisa beraktivitas kembali," ungkapnya.

    Aspirasi Terjawab
    Soal pemekaran nagari, tunjangan, legalitas aparatur nagari dan pembangunan infrastruktur yang terbengkalai yang mengemuka dalam pertemuan tersebut. 

    Irdinansyah mengatakan pemekaran nagari akan disikapi. Masukan dari Leonardy agar pemekaran nagari tak perlu diikuti dengan pemekaran KAN untuk menjaga sako dan pusako serta kekerabatan. "Tanah Datar tidak menghambat pemekaran. Perda pun akan dirubah karena ada mensyaratkan satu nagari satu KAN," tegasnya.

     
    Keterlambatan legalitas perangkat nagari dan BPRN yang dilaporkan masyarakat Batipuh, segera disikapi. Pejabat terkait langsung dihubunginya. Begitu juga jalan ke Pincuran Tujuh. Irdinansyah berupaya merealisasikan pada 2019.

    Tunjangan BPRN bakal dicermati lagi. Kini tunjangan bagi Ketua BPRN Rp600.000, Sekretaris Rp500.000 dan anggota Rp400.000.

    Dipuji Leonardy
    Sikap cepat tanggap bupati ini dipuji oleh anggota Komite IV DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa. "Beruntung Tanah Datar dapat bupati. Cepat tanggap dan kaya dengan gagasan. Saya kenal betul dengan kinerjanya karena dua periode jadi sekretaris saat saya jadi ketua Golkar dulu," ujar Leonardy.

    Leonardy juga mengajak para walinagari, BPRN dan KAN untuk mendoakan bupati segera pulih seperti sediakala. "Saat sakit saja selalu berupaya menjalankan tugas meski dari rumah dinasnya. Moga Pak Bupati selalu sehat dan bisa terus memimpin Tanah Datar," ungkapnya.

    Leonardy menilai perihal Batipuh yang dapat  rekomendasi pihak terkait untuk jadi percontohan patut diapresiasi. Apalagi tahun ini, pencairan APB Nagari di Kecamatan Batipuh sudah masuk tahap II.

    "Masalah pasti ada, tapi berkat kerjasama antara walinagari, BPRN dan perangkatnya, permasalahan bisa diatasi. Ini dukungan nyata hingga pak bupati kita termotivasi untuk cepat sembuh," ujarnya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2