• Breaking News

    Meriahkan HUT RI, Warga Diakrabkan dengan Gedung Siaga Bencana

    Padang (sumbarkini.com) - Upaya meramaikan aktivitas di tempat evakuasi sementara (TES) Ulak Karang sudah menggembirakan. Penggeraknya ternyata kaum ibu yang tergabung dalam Kesatuan Ibu-ibu Senam Shelter (KISS).

    Selama tiga hari dalam seminggu, ada kegiatan senam di situ. Ada 50 anggota tetapnya. Mereka pula yang menggerakkan kegiatan memeriahkan HUT RI di Kelurahan Ulak Karang Utara. Semua dipusatkan di shelter tersebut.

    "Kami dari ibu-ibu KISS melakukan senam di sini melaksanakan senam secara rutin. Sejak 12 Agustus lalu telah dilaksanakan aneka lomba menyambut dan memeriahkan HUT RI disini. Semua didorong oleh Pak Leonardy Harmainy," ujar Ketua KISS, Lismi, Minggu 19 Agustus 2018.

    Dikatakan Lismi, saat ini KISS sudah beranggotakan 50 orang. Keanggotaannya bukan hanya dari Ulak Karang Utara. Ada juga yang dari Gunung Pangilun.

    "Jadi anggotanya tidak terbatas dari Wisma Indah I, Warta dan Bunda saja. Kami terus berupaya merangkul kelompok senam di ketiga perumahan itu untuk gabung meramaikan shelter ini. Kaum bapak ikutan gabunglah," harapnya.

    Anggota DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH mengaku senang dengan aktivitas ibu-ibu di sekitar shelter untuk memberdayakan bangunan megah di tengah Wisma Indah I Ulak Karang itu. Aktivitas mereka menjamin shelter terpelihara kebersihannya dan bangunan tidak tersia-siakan keberadaannya.


    "Memang perlu dorongan yang kuat agar shelter itu terberdayakan. Kita gembira dengan banyaknya aktivitas di sana. Bisa ditingkatkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi warga," ujarnya penuh harap.

    Diakui Leonardy agenda rutin senam di shelter menumbuhkan semangat wirausaha kaum ibu itu. Sudah ada yang berjualan penganan. Pangsa pasarnya, ya mereka yang ikut senam. "Bukan tak mungkin, shelter di Ulak Karang ini jadi pusat kuliner baru. Senang rasanya jadi inisiator dalam perkembangan bagus ini," seru Leonardy.

    Hari-hari besar nasional, seperti HUT RI ke-73 saat ini kata Leonardy bisa dimanfaatkan untuk menarik lebih banyak orang ke shelter. Kenal shelter, kenal baik fungsi dan cara memanfaatkannya niscaya berguna jika bencana itu datang tanpa diduga. "Ini cara alternatif memunculkan awareness terhadap kebencanaan di kalangan warga. Ingat kita tinggal di daerah rawan bencana," pungkasnya. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...