• Breaking News

    Bupati Yuswir Arifin Buka Diklat Penulisan Sastra Bagi Komunitas Baca se Kabupaten Sijunjung


    Sijunjung, (Sumbarkini.com) - Bupati Sijunjung, H.Yuswir Arifin membuka secara resmi Diklat Penulisan Sastra bagi Komunitas Baca se-Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di Hotel Kawana Padang, Sumatera Barat, Selasa 26 Februari 2019.

    Acara yang digelar Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung selama 3 hari ini, dimulai dari Selasa hingga Kamis 26 sampai dengan 28 Februari 2019 , diikuti 25 orang peserta berasal dari semua komunitas baca se Kabupaten Sijunjung.

    Dalam sambutannya, Bupati Yuswir Arifin mengucapkan Apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini, serta ucapan terima kasih kepada Dinas Arsip dan Pustaka Provinsi Sumatera Barat yang sekaligus menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut atas dukungan dan bantuannya dalam pelaksanaan diklat ini.

    Seperti diketahui, "tolak ukur kemajuan sebuah daerah adalah ketika daerah itu memiliki segudang ilmu pengetahuan, salah satu indikatornya adalah meningkatnya daya kunjungan pemustaka serta literasi sastra. Hal ini beralasan karena sastra dan seni memiliki peranan yang penting dalam masyarakat, "jelas Bupati.

    Dengan adanya kelompok baca, dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadi sebuah wadah kegiatan masyarakat serta dapat mewujudkan masyarakat yang maju, jaya adil dan sejahtera, lanjutnya.

    Dengan tema," Dengan Komunitas Baca Kita Wujudkan Penulis Sastra yang handal," ini sejalan dengan program pemerintah yang menghendaki meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat. " Untuk itu diharapkan outcome Diklat ini kepada seluruh peserta untuk dapat menerapkannya di daerah masing-masing, sesuai dengan tuntunan yang telah dipelajari," ujar Bupati Yuswir Arifin.

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Drs.Darlias selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari diklat ini adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat sehingga tercipta mayarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    "Sasaran yang dicapai dalam diklat ini adalah semua komunitas baca se Kabupaten Sijunjung, pada saat ini diikuti sebanyak 25 orang peserta," ucapnya.

    "Kepada peserta selama bimtek diberikan fasilitas penginapan, makan siang dan malam, snack pagi dan sore, member KIT serta perjalanan dinas peserta," jelas Kadis Darlias.

    Diklat ini juga dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat,diwakili Kabid Pembinaan, Hj Deviany A.Ing.MM, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Muslim, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Drs.Darlias dan undangan lainnya. (andri).

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2