• Breaking News

    OSN Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019 Digelar Di SD Negeri 07 Mudiak Lawe

    Padang Aro, (Sumbarkini.com) - UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Pagu menggelar seleksi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kecamatan tahun 2019. Kegiatan yang di ikuti 28 Sekolah Dasar yang ada di Sungai Pagu itu dipusatkan di SD Negeri 07 Mudiak Lawe, Sabtu (23/2).

    Panitia pelaksana kegiatan OSN, Nelviaroza, S.Pd menjelaskan, peserta dari SD Negeri tercatat sebanyak 54 orang ditambah dari SD Islam Terpadu (SDIT) Marhamah sebanyak 2 orang. Artinya masing-masing sekolah mengutus dua orang peserta untuk mengikuti lomba Matematika dan IPA. Selain itu, juga melibatkan seluruh kepala sekolah dan guru yang ada di wilayah UPT Pendidikan Kecamatan Sungai Pagu.

    “ kita sangat berharap, kegiatan OSN kali ini akan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, dan dapat pula menghasilkan duta kecamatan untuk mengikuti lomba di tingkat kabupaten, bahkan kalau bias hingga ke tingkat provinsi”, harap. Nelviaroza yang juga Kepala SD Negeri 26 Pulakek.

    Tujuan selanjutnya dari seleksi OSN adalah anak-anak SD punya pengalaman untuk bisa meningkatkan daya ingat dan pemahaman terhadap sesuatu, meningkatkan penalaran dan kemampuan untuk melihat yang nyata dan yang abstrak, terang Nelviaroza,

    Sementara itu, Koodinator UPT Pendidikan Wilayah Sungai Pagu, Ahmad Khatib didampingi, Pengawas Nursiwanti dan Masrinal usai membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) dihalaman SDN 07 Mudia Lawe menambahkan, kegiatan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

    Pada  tahun ini semua soal disiapkan lansung dari pihak Kabupaten. Selain itu, kegiatan ini juga serentak di laksanakan diseluruh wilayah UPT Pendidikan di kabupaten yang berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang ini.

    “ soal untuk kegiatan lomba OSN kali ini semuanya berasal dari kabupaten, hal ini bagian dari usaha untuk menjaga tidak bocornya soal lomba pada peserta”, terang Ahmad Khatib.

    Menurut dia, OSN merupakan kompetisi bergengsi dalam dunia pendidikan, dengan melombakan dua cabang mata pelajaran yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada dasarnya, seleksi dilaksanakan setiap tahunnya secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

    Ahmad Khatib menambahkan, kegiatan OSN kali ini diharapkan dapat membawa nama baik untuk masing-masing sekolah dan untuk pendidikan di Kecamatan Sungai Pagu pada umumnya. Pasalnya lomba ini selain orientasinya untuk menguji kemampuan siswa juga sebagai evaluasi bagi guru dalam memberikan pembelajaran, terutama untuk dua matapelajaran yang dilombakan kali ini, yaitu Matematika dan IPA.

    Meski banyak harapan optimis untuk hasil kegiatan lomba, Ahmad Khatib, juga mengeluhkan masalah penganggaran kegiatan jika sudah menjadi juara.

    “ selama ini, kalau kita berhasil meraih juara 1 di tingkat kabupaten, maka untuk menuju ke tingkat provinsi kita akan terbebani juga biaya untuk ke provinsi”, kata Ahmad Khatib.


    Selain itu, juga belum adanya pembinaan yang optimal untuk para peserta lomba yang akan menuju lomba di tingkat yang lebih tinggi. Kedepan hal ini tentu kita sangat berharap adanya semacam pembekalan materi bagi peserta yang akan mengikuti lomba di tingkat provinsi, serta adanya dukunga financial bagi peserta,harap, Ahmad Khatib. Afriyoriza

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2