• Breaking News

    Bawaslu Solsel Gelar Rakernis Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran


    Suasana kegiatan Rakernis Bawaslu Solok Selatan di salah satu tempat yang digelar selama dua hari, sejak Sabtu (23/2) dan Minggu (24/2) di Solok Selatan, terlihat Ketua Bawaslu, M. Ansyar, (dua dari kanan) dan Sekretariat Bawaslu, Admi Munandar (paling kanan).

    Padang Aro, (Sumbarkini.com) -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Solok Selatan, menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu tahun 2019, bersama Komisioner Panwaslu Kecamatan, Staf Hukum, Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kecamatan se-Solok Selatan.

    Kegiatan yang digelar mulai Sabtu (23/2) di Hotel Pesona Alam Sangir, berakhir Minggu (23/2) di Wisma Umi Kalsum Muara Labuh, menghadirkan nara sumber, dari unsur Praktisi dan Akedemisi (Dr.  Aermadepa, SH. ,MH) dari Unsur Advokat dan Majelis Nasional KIPP Indonesia (Samaratul Fuad, SH), serta dari Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Selatan (Muhammad Ansyar, S. HI)  dan Anggota Bawaslu (Suriyanti).

    Kegiatan Rakernis yang secara resmi dibuka Ketua Bawaslu Kab Solsel, M. Ansyar dalam arahannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan dan pemahaman kepada seluruh Anggota Panwascam serta Kasek dan Staf agar lebih memahami mekanisme dalam proses Penanganan Pelanggara Pemilih  Umum Tahun 2019.

    Kegiatan ini menjadi penting, bagi seluruh Anggota Panwaslu Kecamatan, Kasek dan staf Se-Kabupaten Solok Selatan agar dikemudian hari mereka memiliki pengetahuan Teknis dalam menangani dugaan Pelanggaran, baik itu laporan maupun temuan secara langsung ketika mereka melakukan tugas-tugas pengawasan dalam pemilihan umum 2019, nanti, ungkap M. Ansyar.

    “Pengawas pemilu, dalam proses pengawasan nantinya diharapkan tidak terjadi kesalah pahaman ketika berada di lapangan nantinya, dan proses pengawasan terjadi pelanggaran di wilayah masing-masing dapat ditindak lanjuti dengan sebaik mungkin, harap M. Ansyar.

    Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Solok Selatan, Admi Munandar kepada Singgalang di sela-sela kegiatan Rakernis di Wisma Umi Kalsum, Minggu (24/2) menambahkan, peserta kegiatan ini berjumlah sebanyak 28 orang yang berasal dari tujuh kecamatan didarah ini.

    Sisi penting dari rangkaian Rakernis ini, selain peningkatan wawasan para pelaku pengawas pemilu di Solok Selatan, juga telah menyatukan persepsi untuk teknik penanganan dan pengawasan pemilu yang akan diselanggaran tahun ini, terang Admi Munandar.

    “Dalam menghadapi Pileg dan Pilpres tentu akan banyak pelanggaran-pelanggaran yang akan terjadi, oleh karena itu penguatan-penguatan secara kelembagaan seperti ini perlu untuk ditingkatkan agar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pengawasan dilapangan dapat terakomodir secara baik sesuai yang kita inginkan. Terang Admi Munandar.

    “kegiatan semacam ini perlu ditingkatkan, agar ada kesamaaan pola, gerak dan seluruh proses yang berkaitan dengan penanganan pelanggaran. Kalau ini dilakukan secara kontinyu, kami yakin kualitas pengawasan, khususnya di tingkat kecamatan jauh lebih baik” demikian Nanda. Afriyoriza

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2