• Breaking News

    Pemkab. Solsel Sabet Indonesia Safety Award 2018


    Padang Aro (Sumbarkini.com) - Kabupaten Solok Selatan (Solsel) berhasil menyabet penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018 untuk pertama kalinya. Penghargaan diberikan kepada daerah Sarantau Sasurambi ini, karena dinilai terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.

    "Ini pertama kalinya kita ikut serta dalam IRSA semenjak bergulir di tahun 2013 lalu. Alhamdulillah langsung mendapat penghargaan. Solsel masuk dalam 10 besar Kabupaten/Kota dari 137 Kabupaten dan Kota yang ikut serta dalam IRSA 2018," kata Kepala Dinas Perhubungan Solsel, Armenses.

    IRSA lanjut Kadis, merupakan rangkaian dari program Corporate Social Responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely. Di tahun 2018, IRSA mengambil tema "Kontekstualisasi Smart City dalam Penerapan Program-program Tata Kelola Keselamatan Jalan”.

    Kampanye ini digagas Adira Insurance serta majalah SWA melalui Autocilin, untuk memberi kontribusi dalam peningkatan keselamatan di jalan dan menurunkan angka kecelakaan di Indonesia. Program ini dijalankan dengan mengajak seluruh lapisan masyarakarat baik pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

    Setiap Kabupaten/Kota yang ikut sebut Armenses, disyaratkan mengisi form data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan dan data pendukung lainnya. Kemudian, data yang disampaikan ini akan dinilai lewat observasi tim penilai di lapangan.

    Penilaian di lapangan itu berupa kroscek ke masyarakat dan melihat langsung data pembangunan yang turut dilampirkan. Kemudian baru diputuskan, mana daerah peserta yang layak diberi penghargaan. Untuk penghargaan pertama hingga lima besar kata Kadis, diserahkan langsung oleh Kementerian Perhubungan. Sementara, piagam penghargaan daerah yang masuk 10 besar diberikan setelahnya.

    Lewat laporan dari kementrian, Solsel sebutnya ternyata masuk dalam kategori 10 besar tersebut. Piagam penghargaannya sendiri, telah diserahkan dan diterima langsung oleh Bupati Solsel, Senin (18/3).

    Bupati Solsel Muzni Zakaria, usai menerima penghargaan itu mengatakan, penghargaan tersebut diraih Solsel berkat kerjasama semua pihak untuk menurunkan angka kecelakaan melalui pengawasan atau penertiban kendaraan. Merupakan hasil dari upaya dan usaha bersama yang telah peduli dan prihatin dengan tingkat kecelakaan lalu lintas.

    "Bahwa pengawasan dan penertiban yang dilakukan pemerintah untuk menekan angka kecelakaan tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakat," ujarnya. Yoriza

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2