• Breaking News

    Perkuat Pengawasan Lewat PTPS Panwascam Sungai Pagu Lantik 112 Pengawas TPS

    Padang Aro, (Sumbarkini.com) - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (panwascam) Kecamatan Sungai Pagu melantik 112 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), di gedung KAN (kerapatan adat nagari) Pasia Talang.

    "PTPS yang dilantik 112 orang itu adalah sebagai pengawas dalam pemilihan umum Presiden dan wakil Presiden,DPR,DPD dan DPRD"yang tersebar pada112 tempat pemungutan suara (TPS)”, terang Ketua Panwaslu Kecamatan Sungai Pagu, Irfan Anda Graha saat pelantikan.

    "Pelantikan PTPS dan sekaligus Bimtek yang diadakan satu hari penuh, memberikan materi tentang pengawasan yang sesuai azas/aturan, dimana PTPS merupakan ujung tombaknya Panwascam dilapangan.

    Usai melantik Pengawas TPS, dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bintek) terkait pelaksanaan tugas PTPS. Hadir pada kegiatan pelantikan dan pembukaan Bintek Pengawas TPS tersebut, Camat Sungai Pagu, Rolli Anmar, Forkompincam Sungai Pagu, Kepala Sekretariaat Panwascam Sungai Pagu, Nur Utami serta jajaran Panwascam Sungai Pagu.

    Dalam bimtek tersebut dijelaskan tugas dan kinerja PTPS, mulai dari penetapan pemungutan suarat, pelaksanaan pencoblosan, pelaksanaan perhitungan suara, pelaksanaan dan pergerakan pemungutan suara di TPS ke PPS.

    Irfan Anda Graha menjelaskan di  asumsikan TPS sangat rawan terjadi pelanggaran-pelanggaran atau pun manipulasi suara. Maka dari itu pihaknya mengantisipasi di setiap TPS  diawasi satu orang pengawas dan dilibatkan institusi pengamanan lainnya untuk menjaga terjadinya kerawanan tersebut.
    Kerawanan tersebut dapat terjadi dikatakan, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat lebih mudah terjadi money politik.

    "Itu bisa saja terjadi sebelum pemilih masuk TPS ada yang mencegat, ini hal yang juga harus diawasi," ujarnya.

    Demikian pula mengantisipasi hal-hal kerawanan tersebut, agar perhitungan benar-benar sesuai dengan pelaksanaan Undang-undang, setelah perhitungan tugas pengawas atau PTPS juga mengawasi pergerakan kotak suara hingga sampai kepada kecamatan atau PPS.

    Selain itu, pengawas TPS diharapkan juga untuk mendorong masyarakat dilingkungan tempat pelaksanaan tugas untuk terlibat lansung mendukung sukses Pemilu masa datang. Yoriza

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2