• Breaking News

    Bupati Yuswir Arifin Inspektur Upacara Hari Kelahiran Pancasila di Sijunjung.


    Sijunjung,(Sumbarkini.com) - Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka peringatan hari lahirnya pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Prof.M.Yamin, SH, Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sabtu 1 Juni 2019.

    Bertindak selaku Komandan upacara, Kepala Bidang (Kabid) LLAJ pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung, Emil Evan, SSTP dan Perwira upacara Kepala Dinas Perhubungan, Em Yasri, SE. Pembaca/pengucap Teks pembukaan UUD 1945 oleh Bakti Abrianto, Penggerek bendera Hadisyam Kudus, Idham Said dan Alvani Mulyeni semuanya staf dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung.

    Upacara bendera yang berlangsung tertib dan hikmad ini juga dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, H.Arrival Boy, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekdakab Zefnihan, Staf Ahli, Asisten Kepala OPD, Perwira TNI/Polri, Instansi Vertikal, Ketua TP-PKK, Ny.En Yuswir Arifin beserta anggota dan organisasi wanita lainnya.

    Dalam sambutan Plt.Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)Rublik Indonesia Hariyono yang dibacakan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyampaikan bahwa,  Pancasila sebagai dasar Negara"pendiri bangsa" merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari tuhan YME buat bangsa Indonesia.

    "Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila,"ucapnya

    Sesuai dengan pesan presiden Jokowi  bahwa memperingati dan merayakan hari lahirnya pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merekflesikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

    Kedua, dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyonsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.


    Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan"Piagam Jakarta" oleh "panitia kecil" tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD1945 oleh panitia PPKI tanggal 18 Agustus 1945.

    "Jadi peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus,"harapnya.

    Setelah upacara selesai dilakukan penyerahan SK Bupati Sijunjung tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diserahkan secara simbolis kepada Elfi Anggraini, Amd.Keb yang diserahkan oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.(andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2