• Breaking News

    Serahkan 3 Mobil Pusling, Walikota Berharap Layanan Semakin Meningkat

    PADANG (sumbarkini.com)DKK Padang terima tiga unit mobil baru Puskesmas Keliling (Pusling). Ketiga Toyota Gasoline G M/T berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun 2019 itu.

    Tiga Mobil Pusling tersebut diperuntukkan bagi Puskesmas Rawang, Puskesmas Lubuk Kilangan dan Puskesmas Anak Aie. Tentu saja Walikota Padang, Mahyeldi, menyambut baik hal ini.

    "Kita tentu berharap, dengan dilengkapi 3 mobil Pusling yang memiliki standar cukup baik ini, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan lebih baik lagi, lebih cepat, tepat dan diharapkan sebagaimana mestinya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi sewaktu memimpin apel pagi dan menyaksikan serah terima tiga mobil Pusling itu di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Senin 2 Agustus 2019.

    Wako menyebutkan, penerimaan ketiga mobil Pusling tersebut, sejalan dengan upaya peningkatan keberadaan Puskesmas sejak 2016 lalu yang telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK- BLUD) sehingga lebih efektif dan efisien dalam pelayanan. Seiring dengan kebutuhan dan tuntutan akreditasi Puskesmas, kata Mahyeldi, tahun 2018 juga dibentuk PPK BLUD untuk masing-masing Puskesmas agar lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangannya. 

    Persiapan dan pendampingan dilakukan oleh BPKP perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Penilaian akan dilakukan secara bertahap mulai dari self assessment sampai penilaian oleh tim teknis penilai Kota Padang dan diharapkan kedepan akan berstatus BLUD penuh.

    “Dengan ini (PPK-BLUD) memberikan keleluasaan bagi Puskesmas dalam penggunaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari pasien secara langsung yang tidak harus disetorkan lebih dulu ke kas negara. Sehingga, ada percepatan-percepatan pelayanan bagi masyarakat dan kali ini diperkuat dengan adanya bantuan 3 unit Pusling,” ujar Mahyeldi.

    Walikota melihat fasilitas mobil puskesmas keliling bantuan DAK.


    Lebih lanjut wali kota juga menekankan agar setiap Puskesmas yang ada di Kota Padang mengupayakan agar semakin sedikit masyarakat yang berobat. 

    Kepala DKK Padang Feri Mulyani menyebutkan tiga unit mobil Pusling bagi tiga Puskesmas tersebut diperuntukkan bagi operasional masing-masing Puskesmas. Namun bisa bisa juga difungsikan sebagai ambulance yang membawa pasien untuk rujukan ke rumah sakit.

    "Kita berharap mobil Pusling ini dioperasionalkan Puskesmas untuk kegiatan ke lapangan bagi petugas Puskesmas, kegiatan Pos yandu, penyuluhan keliling serta kegiatan pendataan dan kunjungan rumah Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS PK) dan lainnya. Bantuan ini kita dapat pada saat desk dengan Kementrian Kesehatan kita siapkan data yang mendukung, agar usulan anggaran kita disetujui. Alhamdulillah disetujui dan telah kita terima. Semoga dapat difungsikan dan dirawat sebagaimana mestinya," imbuhnya. (david)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2