• Breaking News

    136 Anggota DPD RI Resmi Dilantik

    Jakarta (sumbarkini.com) – Sebanyak 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang terpilih dari 34 daerah pemilihan dilantik untuk masa jabatan 2019-2024 di gedung DPD/DPR/MPR Senayan, Jakarta pada Selasa (1/10) pagi.

    Pagi ini 575 anggota DPR, 136 anggota DPD, serta terhadap 711 anggota MPR terpilih periode 2019-2024 resmi dilantik. Acara pelantikan ini berlangsung sekira pukul 10.15 WIB di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta pada Selasa (1/10/2019).

    Pelantikan mereka ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji sebagai anggota dewan terpilih. Pembacaan sumpah dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) M Hatta Ali.

    "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baik dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan Undang-undang Dasar NKRI 1945. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa," kata Hatta Ali yang diikuti seluruh anggota DPR, DPD, dan MPR yang dilantik," ucap Hatta Ali yang kembali diikuti 

    Setelah membacakan sumpah dan janji, mereka diwakilkan untuk menandatangani sumpah dan janji secara simbolis.

    Dari 136 Anggota DPD RI yang dilantik tersebut empat diantaranya berasal dari Sumbar. Mereka adalah H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH, Dr. H. Alirman Sori, SH. M.Hum, MM , H. Muslim Yatim Lc., MM, Hj. Emma Yohana.

    Diantara seluruh anggota DPD tersebut, komedian Oni Suwarman yang biasa disebut Oni SOS, mencatatkan diri sebagai peraih suara terbanyak, sejumlah 4.132.681 suara. Dia berasal dari daerah pemilihan Jawa Barat.

    Anggota DPD tertua masih dipegang Sabam Sirait dengan usia 82 tahun. Sabam berasal dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Sementara anggota DPD termuda Jialyka Maharani di usia 22 tahun dari daerah pemilihan Sumatera Selatan.

    Anggota DPD terlama dicatatkan atas nama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. GKR Hemas menjadi anggota dengan masa jabatan empat periode. Atau sejak periode 2004-2009 hingga periode 2019-2024.

    Dari 136 anggota DPD yang dilantik, 42 diantaranya adalah perempuan. Tapi ada ada delapan provinsi yang tidak punya keterwakilan perempuan yakni Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Papua Barat.

    Adapun keterwakilan perempuan terbesar dicatatkan dari daerah pemilihan Sumatera Selatan. Sebanyak empat orang anggota DPD RI dari Sumatera Selatan adalah perempuan. (dani)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2