• Breaking News

    Gelar Jaker, LKKS Sumbar Apresiasi Posdaya Berprestasi

    Padang (sumbarkini.com) – Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumatera Barat bakal menggelar rapat kerja penguatan jaringan kerja (Jaker) pada hari Jumat tanggal 14 Februari 2020. Pada Jaker itu nantinya akan diserahkan hadiah untuk mengapresiasi sekaligus memotivasi posdaya di Sumbar yang berprestasi pada tahun 2019.

    “Pada Jumat ini kita dari LKKS Sumbar akan mengadakan raker penguatan jaringan kerja dengan mitra kerja kegiatan penguatan peran LKS Berbasis Masyarakat dalam Kesejahteraan sosial di Sumatera Barat. Kita hadirkan narasumber dari PKBL PT Semen Padang, Bank Nagari dan motivator Arlin Teguh. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 14-16 Februari 2020," ujar Ketua Harian LKKS Sumbar, Parlagutan Nasution, Kamis 13 Februari 2020.

    Parlagutan menjelaskan bahwa penyelenggaraan kesejahteraan sosial itu membutuhkan mitra dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Lembaga kesejahteraan sosial (LKS) yang diselenggarakan masyarakat dan panti-panti perlu dukungan dari pemangku kepentingan, terutama dunia usaha.

    Lebih jauh dijelaskan Parlagutan Nasution, dunia usaha memiliki tanggung jawab sosial (corporate social responsibility atau CSR). Dalam rapat penguatan jaringan kerja ini, kita menjalin dan meningkatkan jejaring kerja antara LKKS selaku lembaga yang bertugas mengkoordinasikan seklaigus membina penyelenggaran sosial yang dilakukan oleh LKS, organisasi sosial (orsos) dengan dunia usaha.

    Pertemuan hari ini bertujuan membangun dan mengembangkan sinergitas program antara LKKS Sumbar dengan peran dunia usaha dalam pengurangan kemiskinan dan penanggulangan masalah kesejahteraan sosial melalui peran CSR tadi.

    Diakui pria yang akrab disapa Parla ini, dunia usaha telah memainkan perannya dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial ini. Sudah banyak terbangun hubungan kerjasama dan kemitraan dengan dunia usaha. Beberapa diantaranya yang terus memberikan dukungan seperti, PT Semen Padang, Bank Nagari, PT Askrida dan Wardah. Lalu ada dukungan Hotel Emersia, Elzatta dan lainnya.

    “Nah dalam rangka kesinambungan itulah dan peningkatan peran masing-masing, kita terus melakukan penguatan jaringan kerja dengan dunia usaha. Baik dunia usaha berbentuk badan usaha milik negara (BUMN) maupun badan usaha milik daerah (BUMD) dan swasta,” ulas Parla.

    Pengurus LKKS Sumbar rapat koordinasi untuk persiapan pelaksanaan rapat kerja penguatan jaker.

    Diharapkan, apa yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan itu dibahas secara bersama melalui forum ini. Bersama dunia usaha dibahas bersama untuk menginisiasi program dan kegiatan yang lebih berdaya guna dan bermanfaat ganda kedepannya. Perlu juga didengar kebutuhan-kebutuhan penyelenggara kesejahteraan sosial dengan sumber daya atau sumber dana.

    Makanya pertemuan dihadiri tidak hanya oleh pengurus LKKS provinsi dan kabupaten/kota tapi pengurus LKS provinsi/kabupaten/kota, organisasi sosial dan panti-panti sosial. Dalam kegiatan perdana LKKS di tahun 2020 ini, juga diserahkan penghargaan kepada LKS Posdaya Berprestasi.

    Ditegaskan Parla, LKS Posdaya sebagai lini terdepan dalam penanganan kesejahteraan sosial di tingkat nagari maupun jorong. Posdaya inilah yang berfungsi melakukan tugas koordinatif terhadap penyelenggara kesejahteraan sosial di wilayah kerjanya.
    Ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi atau award kepada posdaya yang berprestasi. Hadiahnya berupa piagam dari Gubernur Sumbar dan hadiah sarana operasional penunjang organisasi yang dibutuhkan posdaya berprestasi tersebut. Hadiah akan diserahkan oleh Ketua Umum LKKS Sumbar Hj. Nevi Zuairina. 

    Motivasi yang diberikan semoga dapat memacu posdaya dan lembaga kesejahteraan sosial dan panti sosial di Sumbar untuk semakin semangat dalam penanggulangan masalah kesejahteraan sosial ini. Sebab, penanggulangannya seperti jalan di tempat lantaran penyebabnya semakin kompleks. Penyebab konvensional juga bertambah dan diperparah lagi oleh permasalahan sosal kontemporer sebagai akibat samping dari kemajuan dan informasi teknologi digital. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2