• Breaking News

    Cegah Virus Korona, Walikota Riza Falepi Serukan Kewaspadaan Tingkat Tinggi

    Walikota Payakumbuh, Riza Falepi. ist


    Payakumbuh, Sumbarkini.com-Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menegaskan, dirinya tak ingin kecolongan terkait pandemi Virus Corona (Covid19) di kota yang dipimpinnya. Salah satunya, ia meminta warga kota batiah itu untuk proaktif melaporkan bila ada keluarga mereka datang dari luar Sumatera Barat.

    Hal itu diungkapkan Walikota Riza Falepi, Selasa (24/3). Pernyataan itu untuk menegaskan kembali intruksi yang disampaikannya saat peresmian Posko Tanggap Darurat Covid-19 di depan Pos Terpadu Kota Payakumbuh, Jumat (20/3) kemarin.

    Walikota Riza Falepi meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan sehubungan merebaknya virus korona. "Kita bertekad, kasus Covid-19 ini nol di Kota Payakumbuh. Kita tidak ingin main-main dan akan bertindak tegas, agar tidak kecolongan," ujar Walikota Riza Falepi.

    Walikota berharap masyarakat bersikap proaktif. Bila ada sanak keluarga yang datang dari luar dan ada gejala flu serta demam, agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas, rumah sakit, atau Posko Tanggap Darurat Covid-19. Dengan begitu, penyebaran virus korona bisa dicegah.

    Virus korona sudah menjadi pandemi dunia. Di sejumlah daerah di Indonesia sudah banyak korban berjatuhan. "Kita harus memiliki kewaspadaan yang tinggi," tegas Walikota Riza Falepi.

    Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota dan Polres Payakumbuh mengatakan, siap untuk memerintahkan Babinsa dan Babinkamtibmas untuk melakukan pemantauan di lapangan apabila ada warga yang datang dari luar daerah yang memiliki kasus positif Covid19.

    "Orang tersebut masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP). Kita memastikan, orang tersebut dipantau dan diminta untuk segera melapor dan memeriksakan diri ke Posko Tanggap Darurat Covid19, Puskesmas, atau Rumah Sakit," ujar AKBP Dony Setiawan.

    Sementara itu, Letkol Ferry S. Lahe menegaskan, akan menindak siapa saja yang menyebarkan berita hoax tentang Covid19, baik itu yang menyebarkan data palsu tentang kasus maupun yang menyebarkan keterangan palsu lainnya.

    "Kita berharap sinergi ini dapat membuahkan hasil yang baik, mari bersama-sama jaga diri kita dari bahaya penularan," ujar Ferry S. Lahe. (zal/rel)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2