• Breaking News

    Kongres PB LEMKARI Secara Aklamasi Tetapkan Leonardy Ketua Umum

    Jakarta
    - Kongres Pengurus Besar Lembaga Karate-Do Indonesia (PB LEMKARI) XV 2020 memilih H. Leonardy Harmainy, Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH sebagai Ketua Umum PB LEMKARI periode 2020-2024. Mantan Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sumatera Barat itu terpilih secara aklamasi oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) LEMKARI se Indonesia di Gedung MPR-RI, Jakarta, Kamis 20 Agustus 2020.

    Penunjukkan Leonardy, yang juga Anggota DPD RI periode 2019-2024 tak berbelit-belit. Begitu selesai menjelaskan visi dan misinya, sidang Kongres yang dipimpin oleh Syahril Siregar, SH, MH (Sulsel) menetapkan Leonardy Harmainy sebagai Ketua Umum PB LEMKARI periode 2020-2024. “Dengan ini Bapak H Leonardy Harmainy, S.IP, MH Datuk Bandaro Basa menjadi Ketua Umum PB LEMKARI,” ucapnya.

    Aklamasinya pemilihan Leonardy Harmainy, anggota DPD RI asal pemilihan Sumatera Barat karena tokoh karate ranah Minang diyakini benar-benar memiliki kualitas, kompetensi dan track record yang jelas. Diantaranya Pembina Lemkari Sumbar ini sukses memimpin Forki Pengprov Sumbar 2006-2011 saat menjabat Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar 2004-2009 dan 2009-2011.

    Selain itu Leonardy Harmainy yang akrab disapa Bang Leo ini bisa meyakinkan peserta Kongres Lemkari Ke-15, dengan tajuk “Solid dan Harmoni Menuju Lemkari Gemilang” dengan visi dan misi yang jelas.

    “Saya ingin menjadikan perguruan karate ini bersatu, rukun, berprestasi, bercahaya terang berdasarkan AD/ARt dan mengimplementasikan Ikrar Karateka,” ujarnya.

    Guna mewujudkan visinya itu, Leonardy mengungkapkan misinya dengan meningkatkan kompetensi atau kemampuan para guru, pelatih, wasit dan juri perguruan berlambang harimau ini.

    Leonardy menekankan, untuk Lemkari Gemilang perlu meningkatkan kuantitas dojo dan karateka/murid. Melatih dan mendidik para karateka agar memiliki sopan santun, berkepribadian dan berprestasi tinggi. Membangun keharmonisan, keselarasan, kerukunan, keserasian dan keseimbangan.

    “Menjadikan Lemkari sebagai perguruan karate yang baik untuk mengemban olahraga seni beladiri dan meningkatkan hubungan dengan Pemerintah Pusat, pemerintah daerah, FORKI, KONI dan perguruan tinggi (universitas) dan menjadikan Pengprov dan Pengcab Lemkari yang kuat mengakar di daerahnya,” jelasnya.

    Usai menyampaikan visi dan misi, peserta kongres secara aklamasi menyatakan setuju Leonardy Harmainy memimpin PB Lemkari yang dilanjutkan dengan penyerahan bendera Lemkari.


     

    Selamat dari Ukraina

    Ketua Umum PB Lemkari 2016-2020, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi usai pemilihan ketua umum pada kongres perguruan karate itu di Gedung MPR-RI, Jakarta, Kamis 20 Agustus 2020 mengatakan Kongres Pengurus Besar Lembaga Karate-Do Indonesia (PB LEMKARI) ke-15 bisa melahirkan Ketua Umum yang memang layak dan pantas memimpin PB Lemkari 2020-2024. Proses suksesi kepemimpinan di tubuh organisasi karateka ini berjalan lancar sesuai harapan.

    “Selamat dan Sukses kepada Panitia Kongres Lemkari XV 2020 yang berlangsung secara tatap muka dan secara daring. Dan selamat atas terpilihnya Bapak Leonardy Harmainy sebagai Ketua Umum PB Lemkari periode 2020-2024,” ujar Yudi Chrisnandi yang hadir dari awal hingga akhir secara daring dari Ukraina.

    Duta Besar Indonesia untuk Ukraina menyatakan dalam proses kongres tersebut, berkembang kuat pandangan tentang perlu figur Leonardy memimpin PB Lemkari adanya sosok pemimpin yang dapat mengayomi berbagai elemen keluarga besar Lemkari, serta untuk menjaga persatuan dan kesatuan sesama karateka sabuk hitam perguruan ini. Tentunya keseimbangan antar daerah dan antara pusat dengan daerah, secara adil dan serasi.

    Menurutnya, calon tunggal ketua umum pada kongkres kali ini merupakan perwujudan keinginan untuk lebih solid dan harmonis menuju Lemkari Gemilang di masa mendatang. Ini juga didasari pertimbangan untuk memberi peran yang lebih besar kepada Pengprov Lemkari se-Indonesia dalam proses menjayakan kembali perguruan berlambang harimau ini.

     

    Nasionalisme Lewat Karate

    Ketua Ketua Pengprov Lemkari DKI Jakarta Derianton, SPd, MM Karateka DAN IV mendukung penuh kepengurusan Pengurus Besar Lemkari 2020-2024. Menurutnya penerapan karakter nasionalisme secara nyata dalam dunia olahraga Karate-Do telah dimaksimalkan perannya oleh H Leonardy Harmainy, Datuk Bandaro Basa, S.IP, MH.

    Ketua Umum Himpunan Alumni Fakultas Ilmu Olahraga (HAFIOR) UNP-Indonesia mengatakan, “Dengan dipimpinnya PB Lemkari oleh Bapak Leonardy Harmainy kami akan berinisiatif untuk meningkatkan pemassalan cabang olahraga beladiri karate, khususnya Lemkari ke kalangan remaja di Ibukota Negara, DKI Jakarta,”katanya.

    Derianton menilai, Leonardy Harmainy mengurus karateka Lemkari Sumbar selaku Ketua Dewan Pembina Lemkari dengan membantu para karateka untuk bisa mengikuti berbagai kejuaraan nasional. Leonardy juga mendorong penuh karateka Martinel berhasil meraih medali Emas PON Kaltim pada tahun 2008.

    “Rekam jejak untuk membina karateka yang umumnya calon pemuda Indonesia tidak diragukan lagi. Semoga di bawah kepemimpinan beliau, PB Lemkari menuju gemilang,” ujarnya menambahkan.


    Aktifkan Lagi Dojo

    Leonardy Harmainy pernah memotivasi ratusan karateka Universitas Negeri Padang (UNP), di GOR FIK UNP, pada April 2019. Motivasi itu diberikannya saat launching untuk mengaktifkan kembali Dojo Lemkari di kampus itu. Secara tegas dikatakannya karateka harus punya keahlian khusus beladiri yang bisa dibanggakan.

    Sebagai Pembina Lemkari Sumatera Barat, Leonardy saat itu mengajak mereka untuk berupaya keras mengukir prestasi nasional. Bahkan ditegaskan Leonardy bahwa orang-orang yang berhasil di republik ini adalah mereka yang memiliki kemampuan-kemampuan khusus yang terus mereka latih sejak dini.

    “Jadi rajin-rajinlah latihan. Disiplin, semangat dan optimislah selalu. Ketika berhasil menjadi peraih medali emas di PON bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa tes. Ini ada aturannya. Pemerintah Provinsi Sumbar pun menyediakan bonus,” ujar Leonardy di hadapan peserta latihan bersama, dewan guru dan majelis sabuk hitam, di GOR FIK UNP.

    Kepada mereka diingatkan sejumlah atlet Lemkari yang sukses dalam karirnya. Prof. Ganefri kini menjabat Rektor UNP dari Teknik Elektro, Prof Azwar Ananda kini Rektor Universitas Bung Hatta. Wakil Rektor IV Prof. Syahrial Bakhtiar yang hadir pernah pula membawa KONI Sumbar sukses selama kepemimpinannya. Ada yang menjadi walikota. Bahkan saat ini seorang sarjana olahraga bisa menjadi bupati di Sumbar, dua periode pula.

    “Karateka yang sehat badannya, cerdas otaknya, tebal pula kantong, siapa yang tak mau. Maka teruslah berlatih menggali potensi diri dan mengukir prestasi terbaik. Dari aula yang bersejarah bagi atlet Lemkari terdahulu ini, mari bersama-sama kita tekadkan atlet-atlet Lemkari menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai organisasi dan lembaga negara lainnya,” ujarnya diplomatis. (*)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2