• Breaking News

    Muslim M. Yatim: Bersampan Menjemput Aspirasi

    Muslim M. Yatim naik sampan menuju Jorong Patamuan. ist


    Pasaman, fajarsumbar.com-Tak gampang mengunjungi kampung terpencil di ujung Pasaman itu. Melewati hutan belantara dan terutama sungai yang berarus deras. Tapi, sebagai bentuk tanggung jawab kepada konstituen, anggota DPD-RI asal Sumbar, Muslim M. Yatim tetap mengunjungi Jorong Patamuan, Sungai Lolo, Kabupaten Pasaman.

    Reses kali ini berlangsung selama dua hari, yaitu Ahad hingga Senin (27/28). Muslim M. Yatim memulai perjalanan melalui jalan yang dipenuhi hutan belantara. Setelah itu menaiki sampan kecil, menyisir sungai yang berarus deras. 

    Sampai di lokasi, Muslim M. Yatim dan rombongan disambut oleh tokoh dan masyarakat setempat. Sambutan itu lebih seperti kedatangan seorang anak ke kampung halamannya. Begitu sederhana kehidupan masyarakat di pelosok Pasaman itu.

    Tak gampang berkunjung ke Jorong Patamuan. Butuh perjalanan berjam-jam, melewati bukit, lembah dan sungai. Tapi, ketika sampai di lokasi, semua rasa lelah seketika hilang. "Daerahnya masih asri dan sejuk. Sepanjang jalan, kita disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah," ujar Muslim M. Yatim.


    Muslim M. Yatim makan bersama di tepi sungai. ist



    Kunjungan ke Jorong Patamuan bukan hal baru bagi Muslim M. Yatim. Ketika tahun 2004  maju sebagai calon anggota DPRD Sumbar, ia pertama kali berkunjung ke Jorong Patamuan. Ketika itu, Muslim M. Yatim mengaku benar-benar merasa asing. Sebab, ia sama sekali belum tahu daerah itu. Tak seorang pun orang di kampung itu yang mengenal dan dikenalnya. Namun, Muslim M. Yatim disambut dengan baik oleh masyarakat yang hidup sangat sederhana.

    Tak ingin silaturrahmi terputus, ketika menjadi anggota DPD-RI yang mewakili seluruh masyarakat Sumbar, Muslim M. Yatim tetap ingat dengan Jorong Patamuan. "Sampai hari ini, silaturrahim tetap kita jaga," ujar Muslim.


    Muslim M. Yatim bersama masyarakat Jorong Patamuan. ist



    Dalam kegiatan reses ke Jorong Patamuan, Muslim M. Yatim melakukan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat. Pertemuan dilaksanakan dengan sederhana dan penuh keakraban. Diskusi dan dialog dilaksanakan di berbagai tempat, mulai dari rumah ibadah, hingga ke rumah warga.
    Banyak masukan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat. Dengan kapasitas dan kewenangannya sebagai senator, Muslim M. Yatim bertekad memfasilitasi dan meneruskan semua masukan dan aspirasi tersebut.

    Dalam dua hari keberadaan di Jorong Patamuan, Muslim M. Yatim banyak melakukan aktivitas yang berinteraksi dengan masyarakat dan membaur dengan alam. Aktivitas itu seperti makan bersama di pinggir sungai, hingga menjaring ikan di sungai yang berarus deras.

    Kegiatan Muslim M. Yatim ke Jorong Patamuan adalah dalam rangka reses ke deareh pemiliahnnya. Dalam kegiatan reses, senator Sumbar ini menjemput aspirasi dari masyarakat. Aspirasi akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait sesuai dengan kewenangan anggota DPD-RI. (arr)




    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2