• Breaking News

    Sijunjung Dinilai Tim Visitasi dan Verifikasi Peduli Wisata Award Tahun 2020 Provinsi Sumbar


    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) – Tim Visitasi dan Verifikasi PWA (Peduli Wisata Award) Provinsi Sumatea Barat menilai pengembangan ekonomi wisata Kabupaten Sijunjung pada Jum'at 25 September 2020.

    Tim yang diketuai, Prof.Dr. Ansofino,MSi (STIP PGRI Sumbar), dengan anggota, Dra. Ernawati,M.Pd,Phd, (UNP) Dr.Indang Dewata,MSi (UNP), Dr.Syamsural, SIP, SE,MM (Unand), Ian Hanafiah (Arsita) dan Anggri Yulio, S.Komp, M.Kom (STKIP PGRI-Ahli IT) ini disambut dengan tari pasambahan oleh Grub kesenian Kalambu Suto, di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung.

    Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan, Sekdakab Zefnihan, dan Kepala OPD Sijunjung, serta juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, H. Novrial, SE.MA.Ak sekaligus mendampingi tim penilai tersebut.

    Sekapur sirih dari Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan, dikesempatan itu mengucapkan selamat datang pada Tim Visitasi dan Verifikasi PWA (Peduli Wisata Award) Tahun 2020 Provinsi Sumatea Barat

    Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar,H. Novrial, SE.MA.Ak, dalam sambutannya menyatakan bahwa penilaian PWA tersebut sudah kali ke- 4 (empat) dilaksanakan di Provinsi Sumbar.

    Dalam penilaian ini kata Kadis Novrial, ada 8 Aspek yang akan di verifikasi diantaranya,  Tata Pamong, Aspek Lingkungan Pariwisata, Aspek Ekonomi Pariwisata, Aspek Ekonomi Kreatif, Pemasaran, Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kepariwisataan, Aspek Pariwisata Halal dan Aspek Protokol Kesehatan di era New Normal

    " PWA bukan sebuah kompetisi tapi sebuah apresiasi dan untuk evaluasi pengembangan wisata di Sumbar, mudah mudahan ke delapan aspek tersebut dapat terpenuhi oleh Kabupaten Sijunjung hendaknya", harap Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial.

    Sementara Bupati Sijunjung, H. Yuswir Arifin, pada kesempatan itu mengaku bangga atas penilaian yang dilakukan Tim Visitasi dan Verifikasi PWA Sumbar. Bupati juga menyampaikan objek wisata perkampungan adat, relejius dan silokek dan objek wisata lainnya yang cukup membanggakan.

    “Jika Pessel wisata mengarah ke laut, Sijunjung mengarah ke wisata gunung. Potensi wisata cukup bagus di Sijunjung. Silokek menjaga kondisi alam yang ada di Sijunjung. Objek wisata di Sijunjung menyebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung dan saat ini belum terkelola dengan baik. Diharapkan kedepannya bisa terkelola dengan baik. Pemkab termasuk DPRD berkomitmen kembangkan wisata Sijunjung,” ujar bupati.

    Kadis Parpora Sijunjung, Afrinaldi,SH dalam exsposenya menyampaikan tentang arung jeram dan kunjungan para pejabat negara lainnya di Silokek. Secara gemblang Afrinaldi menyampailan perkembangan Silokek dan sektor wisata lainnya. Pengembangan wisata untuk mewujudkan dan mengembangkan masyarakat yang madani.

    Tak hanya itu, Afrinaldi juga mengakui pengembangan wisata Silokek juga didukung penuh para legislator. "Diharapkan kedepannya wisata di Kabupaten Sijunjung akan berkembang dengan baik. Bahkan sejumlah tower di sejumlah objek wisata sudah dibangun untuk pengembangan wisata",ujarnya.

    Begitu juga sejumlah kerjasama dengan dunia pendidikan sudah buat MoU nya dan MoU dengan UKM lainnya lanjut Afrineldi. Termasuk pasar kuliner juga disampaikan Kadis Parpora Sijunjung kehadapan Tim visitasi dan verifikasi PWA. Sejumlah prestasi yang diraih Parpora Sijunjung juga disampaikan Kadis Parpora dalam pemaparannya.

    Afrinal tak menapik, bahwa masih banyak ketinggalan Sijunjung dalam visitasi dan verifikasi PWA. “Kami mohon arahannya agar perkembangan wisata Sijunjung berkembang,”jelas Afrinaldi. Kegiatan juga dilanjutkan dengan sesi tanyajawab dan pemaparan tim. (Sapta/Andri)


    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2