• Breaking News

    Dibuka Bupati, DisDukcapil Sijunjung Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Catatan Sipil.


    SIJUNJUNG, (Sumbarkini.com) - Dalam rangka percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akte kelahiran dalam mendukung target nasional tahun 2020. Aparatur Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sijunjung adakan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Catatan Sipil di Aula Dinas PUPR pada Kamis, 3 Desember 2020.

    Acara yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, dibuka langsung Bupati Sijunjung, H. Yuswir Arifin dan diikuti sebanyak 90 orang terdiri dari Kasi Pemerintahan Kecamatan dan Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung.

    Kepala Dinas Dukcapil Sijunjung, Febrizal Ansori, SH. M.Si selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggaraknnya sosialisasi tersebut.

    "Sosialisasi ini bertujuan agar penyelenggaraan pelayanan kependudukan pada semua tingkatan pemerintahan di Kabupaten Sijunjung mempunyai acuan dan pegangan yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memantapkan tata kelola pelayanan kendudukan dan pencatatan sipil yang membahagiakan masyarakat,"ucap Kadis Dukcapil Peri

    Selain itu lanjut Peri, kegiatan sosialisasi itu diadakan agar kita bisa memahami dengan baik pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil seperti KK, KTP-el, dan kutipan akta kelahiran disetiap lini kehidupan."Sosialisasi ini sekaligus pengenalan keluaran terbaru Dinas Dukcapil yaitu tanda tangan berbasis elektronik (TTE)."kata Kadis Peri.



    Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya menyebutkan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan momentum yang cukup penting, mengingat pencapaian tertip administrasi kependudukan yang diharapkan belum sepenuhnya terlaksana, karena tingkat pemahaman akan arti pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan di sebagian lapisan masyarakat masih sangat rendah.

    "Oleh sebab itu diharapkan tidak hanya disduk capil saja yang mensosialisasikan ini, tapi juga dibutuhkan peran aktif para camat, wali nagari  serta masyarakat, instansi terkait seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas dan lain lain untuk mendukung dalam pencapaian tujuan tersebut,"ujar bupati.

    Kepada seluruh perangkat nagari yang membidangi kependudukan, Bupati juga berharap agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan mengoptimalkan seluruh kemampuan yang ada dan selalu memotivaai dan membantu masyarakat agar berkeinginan kuat untuk memiliki dokumen kependudukan ini.

    "Kepada narasumber pada sosialisasi ini kita berharap dalam menyampaikan materi nanti,  dapat memberikan kesempatan seluas luasnya kepada peserta untuk bertanya. Kepada peserta agar mengikuti dengan baik sehingga nanti memahami kebijakan administrasi Kependudukan dan pencatatan sipil tersebut dan nantinya dapat menginformasikan kepada jajaran dan menerapkan dalam pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat,"harap Bupati Yuswir Arifin. (Andri)

    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2