• Breaking News

    Dibuka Wabup Iraddatillah, Dinas Dikbud Sijunjung Gelar Seminar Sehari Kebudayaan.

    SIJUNJUNG (Sumbarkini.com) - Dalam rangka pelestarian dan pengembangan kebudayaan di Kabupaten Sijunjung. Sebanyak 100 orang Kepala Sekolah dan Guru Seni Budaya dari tingkat SMP, SD, dan PAUD serta Ketua dan Anggota UMKM Ceta Bacorak, ikuti seminar sehari kebudayaan di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung, Kamis 24 Juni 2021

    Kadis Pendidikan dan Kebudayaan , Usman Gumanti, S.Pd. MM


    Seminar sehari yang merupakan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama MKKS SMP Kabupaten Sijunjung dengan tema " Pengembangan Pendidikan Kearifan Lokal dari  Manuskrip (Kitap Kuno Sijunjung), dan pemanfaatannya dalam industri kreatif" dibuka Wakil Bupati Sijunjung, H.Iraddatillah, S.Pt.

    Kegiatan seminar sehari ini juga dihadiri, Komisi I DPRD Sijunjung, April Marsal, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Usman Gumanti, S.Pd, MM, Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW, Ny. Donna Iraddatillah, Plt.Kabid Kebudayaan, Adha Noorfedy,  SPd,  MKom, Angku Kali Umar Surau Calau, dan Angku Mudo Surau Simauang dengan Narasumber Pramono, Ph.D selaku Ketua UPT Kearsipan Unand dan Sekretaris Umum Masyarakat Pernaskahan Nusantara.

    Wakil Bupati Sijunjung, H. Iraddatillah, S.Pt

    Wakil Bupati Iraddatillah dalam sambutannya menyebutkan, Kabupaten Sijunjung kaya akan budaya serta cagar budaya, oleh karena itu kita wajib melestarikan dan mengembangkannya, serta menjadikannya untuk kesejahteraan masyarakat.

    Seperti kita ketahui, Bapak Pramono yang melakukan perawatan kitap kuno yang ada di surau colau dan surau simauang, beliau menemukan banyak kearifan lokal seperti ilmu pertanian, kapan mulai mesawah sampai tata cara bertanam, peternakan dan ilmu pengobatan. Beliau juga menemukan hiasan pinggir kitap yang indah yang disebut dengan iluminasi.

    "Iluminasi ini dapat dikembangkan menjadi motif motif yang indah yang dapat dijadikan motiv kain, tas, topi dan lain lain, motif dari kitap kuno inilah yang dapat diolah oleh dekranasda bersama UMKM nantinya,"ujar Wabup Iaraddatillah. (Andri)



    Tidak ada komentar

    Masukan dan informasinya sangat penting bagi pengembangan situs kita ini...

    Pendidikan

    5/pendidikan/feat2